Wisata Alam dan Sejarah Di Air Terjun Singsing

Air_Terjun_Singsing_2Kawasan Buleleng meman terkenal dengan air terjunnya yang menawarkan pemandangan alam menakjubkan. Salah satunya adalah Air Terjun Singsing yang berada di Banjar Labuhan Haji, Desa Temukus, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Lokasi air terjun ini tak terlalu jauh dari kawasan Lovina dan hanya berjarak sekitar 3 km. Sementara jika dari Kota Singaraja, Air Terjun Singsing berjarak 13 km. Kata singsing dalam namaa air terjun ini bukan berasal dari Bahasa Inggris yang berarti nyanyi. Karena masyarakat setempat pun tak mengetahui asal muasal dari nama air terjun tersebut. Meski demikian Air Terjun Singsing merupakan salah satu destinasi favorit pilihan wisatawan dimana mereka bisa melakukan tracking ke lokasi air terjun dengan dua tingkatan ini

AIR-TERJUN-SINGSINGWisatawan semakin ramai kala musim kemarau dimana volume air terjun menurun. Dari Kota Singaraja, Air Terjun Singsing bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan roda dua sejak masuk Desa Tigawarsa. Dari desa tersebut lokasi air terjun berjarak 600 meter. Sedang untuk sampai ke air terjun kedua, pengunjung harus melalui jalur yang cukup terjal dibandingkan lokasi air terjun yang pertama. Namun keindahan yang ditawarkan Air Terjun Singsing cukup membuat para pengunjung rela bersusah payah untuk menjangkaunya. Ketinggian Air Terjun Singsing mencapai 12 meter dengan kedalam kolam mencapai 3 meter. Untuk sampai ke air terjun, anda harus melewati jalan setapak sejauh 600 meter dan bertemankan pemandangan kebun penduduk. Anda bisa mengikuti papan penunjuk untuk sampai ke air terjun.

air terjun singsing2Sementara jarak antara air terjun yang pertama dengan yang kedua sekitar 100 meter dan untuk mencapainya harus melewati tebing. Setelah itu anda harus melewati tangga berbatu dan terjal yang berada di sebrang sungai.Di Air Terjun Singsing yang kedua ini ketinggian air terjunnya dua kali lipat dibandingkan Air Terjun Singsing yang pertama. Sementara di tengah kolam Air Terjun Singsing yang kedua terdapat batu besar yang membuat aliran air terjun seolah menjadi dua. Keindahan alam yang ditwarkan Air Terjun Singsing cocok untuk anda yang ingin menenangkan diri. Anda yang telah penat dengan semua urusan pekerjaan, rumah tangga, ataupun permasalahan yang lainnya bisa bersantai di air terjun ini. Dengan ditemani pemandangan hijau yang menyegarkan dan suara air terjun yang menenangkan, yang akan menjadikan pikiran anda lebih rileks dan fresh setelah bertandang ke sini.

wisata-air-terjun-singsing-3Sembari menikmati kesegaran air terjunnya, di Air Terjun Singsing anda juga akan ditemani suara burung yang berkicau dari balik pepohonan hijau yang rimbun, selain suara gemericik air terjun yang jatuh ke  kolam. Nampak dari kejauhan hamparan Pantai Lovina yang berada di utara air terjun. Tak hanya menawarkan keindahan alamnya yang menyejukkan, Air Terjun Singsing juga menawarkan wisata sejarah yang memiliki arti penting bagi rakyat Indonesia. Tak jauh dari lokasi air terjun terdapat monumen peringatan kemaatian salah satu perwira Belanda kala gugur dalam perang melawan rakyat Bali. Monumen tersebut dibangung oleh Belanda di tahun 1868. Kemudian di tahun 1956 monumen ini dihancurkan oleh penduduk karena dianggap mendukung penjajah. Namun oleh Pemda Kabupaten Buleleng monumen ini dibangun kembali pada tahun 1992 sebagai wujud penghormatan kepada pahlawan, terutama warga Banjar, yang berhasil membunuh perwira Belanda.

lovina-beach-baliKarenanya berkunjung ke Air Terjun Singsing tidak hanya menikmati wisata alam, namun pengunjung juga bisa merenungi cerita sejarah kepahlawanan. Di lokasi Air Terjun Singsing terdapat sejumlah fasilitas yang diusahakan oleh masyarakat setempat. Selain parkir, warga juga menyediakan rumah makan. Sementara untuk akomodasi, wisatawan bisa menggunakan hotel murah di Bali yang berada di sekitar Pantai Lovina karena lokasinya yang berdekatan, seperti:

Refrensi:

  • https://sites.google.com/site/wisataairterjun/bali/air-terjun-singsing—buleleng
  • http://www.wisatabali.info/2014/03/air-terjung-singsing-bali.html

Add a Comment

Your email address will not be published.