Indahnya Bukit Jambul

bukit-jambul1Satu lagi keindahan yang ditawarkan kabupaten Karangasem. Jika sebelumnya anda berkunjung ke pantai Amed dengan keindahan surga laut dan suasana pedesaan, kali ini anda dapat mengunjungi Bukit Jambul. Bukit Jambul terletak di perbatasan desa Pesaban dan desa Nongan, tepatnya di kecamatan Rendang, Karangasem. Dari kabupaten Klungkung anda hanya perlu menempuh jarak sepanjang 8 km. Sedangkan dari Denpasar anda harus menempuh jarak sepanjang 51 km. Jika anda berkunjung ke Pura Besakih, anda akan melewati bukit Jambul karena letaknya yang hanya berjarak 15 km dari Pura Besakih. Lokasinya yang di pinggir jalan dan sarana jalan yang baik, membuat tempat ini mudah dijangkau baik dengan roda dua atau roda empat.bali-bukit-jambul-rice-terrace-www.asiabalitour.comBukit Jambul menyuguhkan keindahan antara perpaduan dan kombinasi harmonis dari bukit yang menjulang tinggi, lembah, persawahan bertingkat atau terasiring, dan panorama laut lepas yang terpampang dari kejauhan. Dari atas bukit kita dapat melihat berbagai keindahan alam di bawahnya. Kelokan dan tanjakan di tengah-tengah lembah yang penuh dengan kebun cengkeh, memberikan suasana alami, membuat hati merasa damai. Semua keindahan itu bagaikan lukisan alam yang indah terhampar dan memanjakan mata. Ditambah lagi dengan udara yang sejuk dan asri khas pedesaan, semakin menambah pesona dan keindahan bukit Jambul.

BukitJambul-1353838366Berdasarkan keterangan masyarakat setempat, nama bukit Jambul telah dikenal sejak penjajahan Belanda. Sebelumnya, masyarakat memberikan nama Babad Kelod untuk daerah persawahan di sebelah selatan jalan raya. Sedangkan nama Babakan Kaja diberikan untuk daerah tegalan dan persawahan di utara jalan raya. Seiring dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung dan melihat keindahan bukit tersebut, maka disebutlah daerah tersebut dengan nama bukit Jambul.  Nama tersebut diambil dari bukit yang menjulang tinggi yang berada di sebelah selatan jalan antara Klungkung dengan Besakih. Di atas bukit, anda akan melihat pura dengan nama Pura Puncak Sari. Disekitar puncak tersebut terdapat banyak pohon-pohon besar dan lebar. Dan di bawah pura terdapat area persawahan penduduk. Sehingga hutan lebat di puncak bukit nampak seperti “jambul”. Kini, pura di atas bukit tersebut dikelola oleh petani setempat dengan nama Pura Ulun Carik.

parkir bukit jambulKarena telah menjadi kawasan wisata, kini Bukit Jambul telah dilengkapi dengan areal parkir yang luas dan terdapat sebuah rumah makan yang cukup bagus dan besar. Restaurant tersebut mampu menampung para wisatawan baik yang singgah dalam bentuk grup ataupun rombongan. Selain itu Bukit Jambul juga sering disinggahi sebagai tempat peristirahatan (stopover) wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun domestik, yang akan berwisata ke kawasan wisata Pura Besakih ataupun pada saat mereka kembali dari Besakih. Para wisatawan singgah untuk makan siang dan minum, serta beristirahat melepas lelah sembari menikmati panorama alam Bukit Jambul yang suasananya tenang dan sejuk. Tak jarang wisatawan yang singgah mengabadikan keindahan pemandangan alam Bukit Jambul dengan kamera mereka.

Untuk memenuhi kebutuhan akomodasi anda, anda dapat memanfaatkan beberapa penginapan dan hotel murah di Bali, seperti:

Refrensi:

  • http://www.wisatadewata.com/article/wisata/bukit-jambul
  • http://www.balitoursclub.com/berita_79_Bukit_Jambul.html
  • http://panoramabalitour.com/bukit-jambul/

Add a Comment

Your email address will not be published.