Tiga Perbedaan Destinasi Wisata di Bandung dan Bali

Indonesia telah dikenal dunia dengan pesona keindahan alamnya. Dari pulau sabang hingga pulau Merauke, masing-masing memiliki keindahan alam yang patut dibanggakan hingga manca Negara. Dua Kota yang menjadi primadona wisata di Indonesia diantaranya adalah Bandung dengan Bali.

Bali merupakan sebuah pulau kecil di Indonesia timur yang memiliki pesona alam dan juga kearifan lokal penduduk yang sudah terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia. sedangkan Bandung merupakan salah satu Kota di Provinsi Jawa Barat yang terkenal sebagai pusat mode dan juga gudang kuliner lezat di Indonesia.

Kedua kota ini tentunya memiliki keunikan masing-masing. Sehingga dari kedua kota ini memiliki sisi keunggulannya masing-masing, dari segi destinasi wisatanya. Beberapa keunikan yang dapat ditemukan di Bandung dan Bali dapat di simak dibawah ini.

Wisata Alam

Kota Bandung dan Bali memiliki beberapa destinasi wisata Alam dan juga wisata air yang sangat disukai wisatawan local maupun mancanegara. Yang pertama pulau Bali. Di Pulau Bali ini yang paling terkenal dari wisata alamnya adalah Pantai Kuta dan juga Pantai Sanur. Bahkan kedua pantai ini telah sangat dikenal oleh wisatawan local dan wisatawan mancanegara.

Beberapa publik figure dari luar negeri juga telah mengenal pulau Bali ini sebagai ikon wisata Negara Indonesia. Pantai yang memiliki pasir putih serta ombak yang indah ini menjadi tujuan wisata utama para wisatawan luar negeri yang datang ke Indonesia dan secara khusus Bali sering menjadi destinasi eksklusif tamu mancanegara.

Selain pantai-pantainya yang indah, di Bali juga memiliki destinasi wisata alam lain yang tidak kalah indah. Seperti panorama Gunung Batur yang indah serta banyak air terjun dan juga hutan yang layak dikunjungi saat berlibur ke Pulau Dewata ini.

Tak kalah dengan pulau Bali. Kota Bandung juga memiliki wisata alam yang tak kalah indah. Di Kota yang memiliki julukan Kota Kembang ini, terdapat wisata alam yang telah terkenal di seluruh nusantara. Keindahan wisata alamnya juga diikuti dengan pertumbuhan hotel murah di Bandung yang tidak kalah unik dan mengagumkan.

Salah satu yang terkenal adalah kawah putih yang terletak di kawasan Ciwidey. Kawah ini terbentuk secara alami oleh letusan Gunung Patuha. Di kawasan kawah putih ini, tanah yang ada di area tersebut berwarna putih, selain itu warna air yang terdapat dalam kawah putih ini dapat berubah warna sesuai dengan kandungan belerang yang tercampur di dalamnya.

Satu lagi wisata alam yang terkenal di Bandung adalah Gunung Tangkuban Perahu. GunungTangkuban perahu merupakan salah satu gunung berapi aktif yang berada di Provinsi Jawa Barat. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.084 MDPL. Sehingga suhu yang ada di puncak gunung ini terbilang sangat dingin.

Pemandangan pohon-pohon pinus yang ada di sekitar gunung menambah kesan eksotis dari gunung ini. Selain itu, tanaman teh juga tumbuh subur di daerah Gunung Tangkuban Perahu ini.

Dari Kota Bandung dan Pulau Bali, memang keduanya memiliki keunggulan tersendiri dari segi wisata alamnya. Namun perbedaannya adalah, apabila wisatawan yang menyukai pantai dan ombaknya, akan lebih baik berkunjung ke Pulau Bali, sedangkan Wisatawan yang menyukai Pemandangan alam pegunungan yang sejuk dan segar, Kota Bandung dapat dijadikan destinasi wisata yang tepat.

bali_bandung

Wisata Kuliner

Kota Bandung memang terkenal dengan gudangnya Kuliner Lezat. Namun Pulau Bali juga menyimpan banyak sajian Kuliner yang tak kalah lezat. Kedua Kota wisata tersebut memang memiliki cita rasa khas masing-masing. Tentunya beda Kota Beda Cita Rasa.

Dari Kota Bandung, makanan yang sudah terkenal hingga senator Negeri adalah Siomay. Siomay Bandung ini merupakan campuran dari siomay, serta sayur-sayuran yang dikukus, lalu disiram dengan saus kacang. Rasanya sangat gurih dan lezat.

Selain siomay, ada juga cilok, cimol dan juga cireng. Ketiga masakan tersebut merupakan camilan yang terbuat dari Aci (tepung pati kanji dalam bahasa Bandung) yang di rebus lalu di kukus.

Cara penyajiannya dapat dimakan dengan saus sambal, saus kacang, maupun saus kecap, atau dimakan begitu saja. lalu, ada juga oleh-oleh khas Kota Bandung yang tidak boleh di lewatkan oleh wisatawan yang berkunjung kesana. Yaitu Peuyeum Bandung. Peuyeum terbuat dari Singkong yangtelah di fermentasi. Sehingga rasa dan bentuknya akan seperti Tape Singkong.

Di Bandung sendiri, cara penyajian peuyeum sudah di modifikasi sedemikian rupa. Seperti diberi toping keju, cokelat, dan lain-lain. Sehingga oleh-oleh khas Bandung yang satu ini akan semakin menarik untuk di Beli.

Sedangkan dari Pulau Bali, makanan yang khas dari pulau tersebut adalah sajian-sajian makanannya yang gurih, pedas, dan lezat. Sajian yang sangat terkenal dari Bali, dan bahkan sudah dikenal dunia adalah Ayam Betutu dan Bebek Betutu.

Betutu merupakan bumbu khas yang berasal dari Bali. Bumbu Betutu ini terbuat dari komposisi sereh, kunyit, salam, kemiri, lengkuas, daun jeruk, bawang merah, jahe, dan bumbu dapur lainnya.

Rasa dari Bumbu Betutu ini sangat kuat dengan rasa rempah-rempahnya, dan juga yang paling utama rasa pedasnya yang membuat orang ingin mencoba kembali masakan ini. Namun, apabila tidak terlalu suka pedas, maka level rasa pedasnya dapat diminta sesuai selera.

Selain ayam dan Bebek Betutu ada juga Sate Lilit. Dibuat dari gilingan daging ayam atau ikan yang dililitkan pada batang sereh, sate yang satu ini sangat cocok disantap dengan sambal khas Bali, yaitu sambal matah.

Sate lilit sangat tepat dimakan sebagai teman makan nasi putih hangat. Lalu makanan terkenal lain yang khas dari Bali adalah Babi Guling. Dimana cara memasak makanan yang satu ini sangat unik.

Babi yang masih utuh dibumbui dengan bumbu-bumbu khas Bali, lalu babi yang masih utuh tersebut dibakar dengan cara di guling-guling diatas bara api hingga matang. Durasi membakar Babi Guling ini adalah sekitar 2-3 jam.

Nah, bebrapa contoh wisata kuliner diatas adalah kuliner khas yang wajib wisatawan coba ketika berkunjung ke Bali atau ke Bandung. Tentunya setiap daerah memiliki cita rasa khas masing-masing, dan setiap cita rasa tersebut memiliki keunikan tersendiri.

Wisata Belanja

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa Kota Bandung merupakan salah satu kota yang menjadi surge belanja Masyarakat Indonesia. Di Kota ini banyak sekali pernak-pernik unik dan juga fashion yang layak untuk dimasukkan dalam daftar belanja oleh-oleh.

Bandung memang terkenal dengan Parisnya Indonesia. Di Kota ini yang paling terkenal dari wisata Belanjanya adalah  Pasar Cibaduyut yang menjual berbagai sepatu dan tas yang berbahan kulit. Selain itu terdapat juga wisata belanja di Bandung yang merupakan pusat kaos dengan kata-kata unik, tepatnya berada di Jaln Cihampelas.

Lalu ada juga pusat rajut di Kota Bandung, dan juga distro-distro yang menjual berbagai fashion kekinian yang terletak di Jalan Dago. Di area jalan Dago juga sudah banyak berdiri hotel Bandung dengan nuansa dan ciri khas unik nan keren.

Berbeda dengan Bandung yang terkenal dengan Wisata Belanja Fashionnya, Bali Sendiri memiliki surge belanja barang-barang kerajinan tangan yang unik. Seperti Lukisan-lukisan Bali, dan Kerajinan Tangan khas Bali lainnya yang dapat diperoleh di Pasar Sukawati Bali.

Di pasar ini harga yang ditawarkan juga dapat din ego dengan pedagang. Karena bali memiliki banyak kesenian daerah local, maka wisata Belanja di Pulau ini memang banyak menjual barang-barang kesenian khas Bali. Selain pasar Sukawati ada jugaPasar Ubud, Pasar Guwang Bali, Pasar Seni Kuta, dan masih banyak lagi.

Referensi

Resto paling keren di Bandung yang lagi hits

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *