Berlibur Ke Bali dengan Menyenangkan 2017

bedugulBali merupakan ikon pariwisata Indonesia yang menawarkan sejuta keindahan tempat wisatanya. Mulai dari keindahan pantai, goa, air terjun, dan tempat-tempat hang out yang asik untuk dikunjungi. Tentunya anda tidak ingin dong jika bayangan liburan ke Bali yang menyenangkan berlalu hanya karena ada hal kecil yang lupa anda perhatikan. Oleh karenanya penting bagi anda untuk mulai bersiap jauh-jauh hari sebelum liburan di mulai.

1. Good Planning

Perencanaan yang matang mutlak anda perlukan untuk bisa menikmati liburan. Mulai dari transportasi, akomodasi, apa saja yang akan anda lakukan, hingga tempat-tempat mana saja yang akan anda tuju. Anda bisa menggunakan internet, cerita teman atau saudara, untuk mencari tahu lebih dalam mengenai transpotasi, akomodasi, dan tempat-tempat wisata di Bali.

Dengan refrensi yang lebih banyak, anda akan bisa menyusun rencana dengan matang. Perencanaan yang anda buat harus sesuai dengan budget anda. Selain itu perencanaan ini juga berguna bagi anda untuk mempersiapkan barang bawaan anda, terutama jika anda berlibur dengan buah hati anda. Jika anda sudah mengetahui seperti apa suasana yang akan anda hadapi, anda akan lebih siap dengan liburan anda. Tak ada salahnya membuat check list terkait rencana anda. Persiapkan juga rencana B, C, dan seterusnya untuk mengantisipasi jika rencana A tidak berjalan sebagaimana harapan anda.

liburan-ke-bali2. Good Timing

Pemilihan waktu yang tepat juga akan mempengaruhi liburan anda. Jika anda ingin berlibur dengan suasana yang tenang, maka sebaiknya anda mengunjungi Bali di bulan Maret-Juni. Namun jika anda hanya memiliki waktu di luar bulan tersebut, misalnya Juli-Agustus atau Desember-Januari, anda harus memesan jauh-jauh hari.

Karena di bulan-bulan tersebut, Bali banyak dikunjungi wisatawan untuk liburan sekolah, Natal, atau pun Tahun Baru. Jika tidak, maka kemungkinan anda akan menemui hotel-hotel yang penuh, transportasi dan tempat wisata yang padat.

Namun, beberapa hotel biasanya memberikan harga khusus pada waktu-waktu tersebut. Jadi kemungkinan anda akan memperoleh harga yang lebih murah dibandingkan pada bulan Februari-Mei dan September. Nah untuk menghindari hotel penuh dan semacamnya, anda bisa melakukan booking jauh-jauh haris.

Selain waktu liburan, anda juga harus memperhatikan hari raya Nyepi. Karena jika anda berkunjung pada hari raya Nyepi, anda tidak dapat mendatangi tempat-tempat wisata karena kebanyakan obyek wisata ditutup. Jadi waktu yang tepat untuk mengunjungi Bali jika anda bisa mendapatkan harga murah, pelayanan yang memuaskan, dan moment liburan yang tepat dan menyenangkan.

jboutiquehotel_jboutiquehotel_9073873. Pemilihan Akomodasi

Jika anda sudah memutuskan kapan anda akan berlibur, selanjutnya anda perlu mencari tempat untuk anda menginap. Usahakan tempat anda menginap berdekatan dengan obyek wisata yang akan anda kunjungi. Sebagai ikon pariwisata, ada banyak pilihan hotel murah di Bali mulai dari hotel berbintang lima hingga hotel melati. Anda tinggal menyesuaikan dengan budget dan tujuan anda.

bali-tour4. Pemilihan Transportasi

Selain akomodasi, transportasi juga perlu anda perhatikan. Jika anda mengikuti tour & travel ke Bali, anda tinggal duduk manis mengikuti paket wisata yang sudah ditawarkan. Namun jika anda berlibur sendiri, anda harus memilih apakah anda akan menggunakan kapal ataukah pesawat terbang. Jika anda memilih untuk jalur udara, pastikan anda mendapatkan tiket dengan harga murah namun dengak kualitas yang baik. Saat ini telah tersedia berbagai travel agent yang menawarkan tiket pesawat murah yang tingal anda pilih. Selain transportasi untuk menuju Bali, anda juga perlu memperhitungkan trasnportasi selama di sana. Jika anda tidak membawa mobil, anda bisa memanfaatkan jasa persewaan mobil yang ada di Bali.

8200813569_d5283330a2_z5. Cek Tempat Wisata

Bali punya segudang tempat wisata yang bisa anda pilih sesuai keinginan anda. Jika anda baru pertama kali ke Bali, anda bisa mengunjungi tempat wisata yang sudah terkenal seperti pantai kuta, tanah lot,  dan lain sebagainya. Namun jika anda ingin mendapatkan suasana yang baru, anda bisa mendatangi tempat-tempat yang masih belum terekspos di Bali, seperti green bowl, air terjun aling-aling, hingga pulau menjangan yang tak berpenghuni. Atau anda juga dapat berkunjung ke Museum Trick Art 3D yang baru saja dibuka pada April lalu. Banyak pilihan wisata di Bali ini tentunya membuat anda bingung kan. Oleh karenanya anda bisa browsing atau bertanya kepada teman yang sudah mengunjungi tempat-tempat tersebut.

nusa-dua-bali-ayam-betutu6. Perhatikan Makanan

Selain kaya tempat wisata, Bali juga kaya akan makanan yang enak seperti ayam betutu, nasi jenggo, dan lain-lain. Harga yang ditawarkan juga bervariasi, mulai dari yang mewah hingga berkelas. Jika anda muslim, tidak ada salahnya anda bertanya ke waiters bahan makanan tersebut. Anda juga bisa menanyakan menu yang cocok bagi anak-anak. Karena masakan Bali cenderung menggunakan bumbu komplit dan rasa pedas.

7. Pusat Oleh-Oleh

Belibur tak terasa lengkap tanpa membawa oleh-oleh khas Bali. Di beberapa tempat wisata biasanya juga banyak pedagang yang menawarkan berbagai oleh-oleh khas Bali. Namun anda juga bisa berkunjung ke beberapa pusat oleh-oleh Bali seperti Krisna atau pun Joger. Tidak ada salahnya sebelum berlibur anda mencari referensi tempat-tempat wisata murah yang ada di Bali.sukawati1

8. Persiapkan Barang Bawaan

Setelah semua rencana tersusun dengan rapi plus rencana B, mulailah untuk menyusun barang bawaan anda. Yang penting untuk anda bawa selain keperluan anda dan obat-obatan, jangan lupa untuk membawa kartu identitas. Selain untuk rergistrasi di hotel, juga untuk berjaga-jaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa juga untuk membawa uang tunai untuk keadaan darurat atau ketika kartu kredit tidak dapat digunakan.

Selain perencanaan yang matang, ketika di Bali, anda juga perlu untuk memperhatikan hal-hal berikut:

1. Simpanlah barang-barang penting anda di safe security box tempat anda menginap. Anda tidak perlu khawatir karena beberapa hotel di Bali telah menyediakan.

2. Jika anda kehilangan arah, bertanyalah kepada orang-orang yang anda temui dengan sopan dan ramah serta pastikan mereka akan memberikan informasi.

3. Hormatilah orang yang sedang melakukan kegiatan ibadah dengan tidak membunyikan klakson atau pun flash kamera pada orang yang sedang berdo’a.

pengumuman-masuk-kwsn-pura-uluwatu14. Perhatikanlah pemberitahuan yang ada pada pintu gerbang tempat wisata yang dianggap suci, misalnya di dilarang masuk ke pura bagi perempuan yang haid.

5. Hargailah adat istiadat setempat. Jika anda tidak sengaja menginjak banten atau sajen, meminta maaflah kepada pemilik toko atau pun tempat sajen tersebut diletakkan. Jangan berusaha dengan sengaja menginjaknya dan berusahalah untuk melewati sajen.

Itulah sedikit tips untuk dapat berlibur ke Bali dengan menyenangkan. Semoga tips tersebut bermanfaat dan Selamat berlibur ke Bali……

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *