Menikmati Keindahan Pantai Jemeluk

jemelukAnda sudah pernah mengunjungi Pantai Amed? Pantai dengan keindahan secara keseluruhan, dari luar hingga dalam lautnya memancarkan pesona keindahan yang luar biasa memanjakan mata. Jika anda telah puas dengan semua keindahan dan ketenangan yang ditawarkan Pantai Amed, kini waktunya anda untuk mengunjungi tetangganya yang berada di sebelah utara, yakni Pantai Jemeluk. Bahkan pantai ini telah anda temui sebelum anda tiba di Pantai Amed. Pantai yang berada di wilayah timur Bali ini memiliki keindahan yang tak kalah memukau dengan Pantai Amed. Bahkan beberapa hal yang bisa anda jumpai di Pantai Amed juga akan anda jumpai di pantai yang berada di Desa Purwakerti Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem.

Perahu-nelayanMengenai nama yang digunakan untuk pantai ini, tak diketahui secara pasti asal mulanya. Namun nama Jemeluk telah digunakan jauh sebelum kehadiran Kerajaan Karangasem. Akan tetapi kata Jemeluk diperkirakan berasal dari kata “seluk” atau “menyeluk” yang berarti lautan yang menjorok ke daratan. Pantai Jemeluk memiliki keindahan yang begitu mengagumkan dengan air lautnya yang berwarna hijau kebiruan. Air lautnya yang jernih berpadu dengan suasana pantai yang tenang. Anda bisa menyaksikan indahnya  pemandangan alam laut beserta kehidupan bawah lautnya, perbukitan hingga megahnya gunung Agung sebagai puncak tertinggi di pulau Dewata. Di pesisir pantai tampak berjajar rapi perahu nelayan yang menghiasi pantai. Anda juga bisa menyaksikan para petani garam yang mengolah air laut menjadi garam secara tradisional.

Matahari-pagi-objek-wisata-JemelukKala akhir pekan anda bisa menginap disekitar pantai untuk menyaksikan keindahan matahari terbit yang nampak malu-malu dibalik gunung Agung. Semburat warna merah matahari nampak begitu memukau dan berpadu dengan segarnya udara pagi. Secangkir kopi merupakan teman yang tepat untuk anda menikmati pesona alam tersebut. Setelah itu, anda bisa melanjutkan kegiatan anda dengan berenang di air laut yang masih hangat yang akan menambah kesegaran anda di pagi hari. Dengan kontur pantainya yang berkoral, sebaiknya anda benar-benar bisa berenang. Namun kehadiran koral-koral ini nampak seperti taman kecil bawah laut yang menambah keindahan pantai.

objekwisatajemeluk_400Di siang hari anda bisa berjemur dan bersantai di atas pasir sambil menikmati perbukitan yang mengelilingi pantai. Anda juga bisa melakukan aktivitas memancing di sekitar pantai. Di sore hari anda bisa menyaksikan keindahan matahari yang menutup diri di ufuk barat. Dengan ombak pantainya yang tenang andabisa menikmati alam bawah laut pantai Jemeluk dengan melakukan snorkeling atau pun diving. Hal ini dikarenakan penyedia jasa waterport seperti seawalker atau pun submarine belum tersedia di pantai ini. Namun berbagai fasilitas yang lain seperti restoran, ATM, minimarket, dan penginapan bisa dengan mudah anda temukan. Anda yang berencana menghabiskan akhir pekan di pantai yang berjarak 3 jam perjalanan dari Denpasar ini, bisa menggunakan hotel murah di Bali, seperti:jemeluk3

Refrensi:

  • http://www.balitoursclub.com/berita_195_Pantai_Jemeluk.html
  • http://wisata.balitoursclub.com/mengintip-pagi-di-pantai-jemeluk

Add a Comment

Your email address will not be published.