Berwisata Ke Bendungan Palasari

bendungan-palasariTempat-tempat di Bali menawarkan beragam keindahan yang semuannya berpotensi sebagai tempat wisata. Selain alamnya yang tak diragukan lagi pesonanya ataupun budayanya yang begitu memukau dan terjaga, hingga seni bangunannya pun bisa dijadikan tempat wisata lantaran keindahannya. Tengok saja Jembatan Tukad Bakung yang merupakan jembatan terpanjang di Bali atau pun Tol Mandara yang asli buatan anak negeri. Kini anda yang hendak menuju Pantai Candikusuma atau pun meninggalkan jalan Denpasar-Gilimanuk, jangan lupa untuk menengok bendungan Palasari. Bendungan ini tak hanya sebagai tempat penampungan air bagi masyarakat sekitar, namun menawarkan beragam aktivitas menarik dan bisa anda jadikan sebagai salah satu tujuan wisata anda.

Bendungan-Palasari-NegaraBendungan yang berada di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana ini dibangun guna memenuhi kebutuhan air masyarakat sekitar yang semula hanya tersedia kala musim penghujan saja. Sebaliknya di musim kemarau masyarakat kesulitan dalam mempeeroleh air sehingga cukup mengganggu sistem pertanian yang ada. Mereka pun akhirnya membangun bendungan di atas lahan seluas seratus hektar yang mampu menampung debit air hingga 8 juta meter kubik. Dengan sebuah hutan lindung sebagai latar belakangnya, bendungan Palasari mulai dibangun pada bulan April tahun 1986 dan selesai 3,5 tahun kemudian pada akhir Mei 1989. Kemudian pada tanggal 23 Juli 1989, bendungan ini diresmikan oleh Presiden Soeharto. Total biaya pembangunan bendungan ini mencapai 9 Milyar rupiah, angka yang cukup fantastis kala itu.

bendungan-palasari2Selain sebagai penampungan air untuk persediaan pada musim kemarau, bendungan ini juga berfungsi sebagai pencegah banjir pada musim penghujan. Dengan background hutan lindung tak mengherankan jika suasana di sekitar bendungan terasa begitu sejuk. Anda bisa beristirahat sejenak di bendungan ini sembari melepas penat usai perjalanan. Selain bersantai beragam aktivitas menarik seperti memancing bisa pula anda lakukan di sini. Karena disekitar bendungan banyak ikan tawara yang tinggal mulai dari ikan mujair, lele, udang, kaper, nila, hingga gurame. Anda pun bisa mencoba bersampan untuk mengelilingi bendungan ini. Atau jika anda ingin mencoba bermain motor cross atau pun off road, di sekitar bendungan ini disediakan area untuk dua olah raga menantang adreanlin tersebut. Bahkan pada waktu-waktu tertentu, anda bisa menyaksikan perlombaan motor cross atau pun off road di sekitar bendungan.

bendungan palasar5Yang mengasikkan lagi, untuk bisa menikmati keindahan bendungan palasari anda tidak perlu membayar biaya retribusi apa pun. Hanya di waktu tertentu anda akan dikenai biaya parkir yang tergolong terjangkau, hanya Rp 1000 untuk roda dua dan Rp 2000 untuk roda empat. Beberapa penginapan juga bisa anda temukan di sekitar bendungan. Namun jika anda ingin menggunakan hotel, anda bisa menggunakan hotel murah di Bali yang ada di kota Negara yang berjarak 26 km dari bendungan palasari. Beberapa hotel murah di Bali yang bisa anda gunakan misalnya:

Refrensi:

  • http://bali.panduanwisata.id/spot-wisata/asyik-bersampan-di-bendungan-palasari/
  • http://www.longtripmania.org/2013/07/bendungan-palasari.html

Add a Comment

Your email address will not be published.