Keindahan Pantai Candikusuma

pantai candi kusumaWilayah Jembrana memiliki beragam potensi alam dan budaya yang membuat wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Daerah yang juga dikenal dengan bumi makepung lantaran budaya makepungnya ini memiliki banyak pantai dengan keindahan yang akan membuat anda berdecak kagum. Sebut saja Pantai Pengeragoan dengan alam pedesaannya yang indah, Pantai Pebuahan dengan aneka hidangan lautnya yang menggoda, atau Pantai Medewi dengan surga surfingnya. Nah jika anda mencari pantai untuk berbulan madu di daerah Jembrana, anda bisa mengunjungi Pantai Candikusuma yang berada di Desa CandiKusuma, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Anda akan dengan mudah menemukan pantai ini karena lokasinya yang berada di jalan Denapsar-Gilimanuk. Sebuah papan penunjuk jalan akan membantu anda menemukan pantai yang berjarak 12 km dari Kota Negara ini.

pantai candi kusuma1Pantai Candikusuma tak hanya menawarakan pemandangan yang cantik namun juga berbagai atraksi yang menarik. Anda yang menyukai suasana yang tenang akan dibuat kerasan oleh pantai ini. Selain itu kebersihan pantai ini juga cukup bersih dan terjaga. Ombaknya yang tenang cukup menggoda anda untuk segera bermain air atau pun berenang. Berbagai keindahan yang ditawarkan akan membius anda dan pasangan sehingga menambah gelora asmara diantara anda berdua. Didukung dengan suasana yang asri dengan pohon-pohon yang melambai, menjadikan Pantai Candikusuma sebagai pantai yang cocok untuk anda melepas kepenatan dari rutinitas yang padat dan hingar bingar perkotaan. Usai berlibur dari pantai ini, tubuh dan jiwa anda akan kembali rileks dengan semangat yang kian terasa penuh. Di panta ini anda juga bisa melihat tugu dengan bentuk segitiga yang dalam cerita masyarakat setempat merupakan tempat keluarnya keris yang bercahaya.

Ngurah_Praja_mancing_14_03_2010-3-300x225Selain itu, pantai yang berjarak sekitar 110 km atau dua jam perjalanan dari Denpasar ini  juga memiliki spot memancing yang menarik karena posisinya yang berada diantara dua muara sungai, yakni Sungai Candikusuma dan Tukadaya. Ikan-ikan kecil maupun ikan besar yang bertelur bisa anda temukan di pantai ini. Waktu yang terbaik untuk memancing di pantai ini ialah ketika sore hari hari saat matahari tak terlalu panas menyengat. Anda pun bisa memancing sembari menikmati keindahan matahari sore.

boat-300x224Masyarakat sekitar pantai juga umumnya berprofesi sebagai nelayan. Namun seiring dengan adanya perusahaan keramba penangkaran kerang mutiara membuat sebagian dari masyarakat ini beralih pekerjaan menjadi penangkar mutiara di perusahaan tersebut. Perekonomian masyarakat pun bisa meningkat dibandingkan kala menjadi nelayan dengan hasil yang tak menentu. Apalagi dengan dibukanya pantai ini sebagai obyek wisata yang akan semakin meningkatkan denyut ekonomi masyarakat sekitar dengan menyediakan berbagai fasilitas menarik untuk wisatawan. Anda bisa dengan mudah menemukan tempat makan dan area parkir yang cukup luas. Untuk penginapan anda bisa menggunakan hotel murah di Bali, seperti:

Refrensi:

  • http://www.longtripmania.org/2013/07/pantai-candi-kusuma.html
  • http://bali.panduanwisata.id/pantai-bali/yuk-ke-pantai-candikusuma-yang-eksotis/

Add a Comment

Your email address will not be published.