Surfing dan Menenangkan Diri Di Pantai Medewi

pantai medewiPantai-pantai di Bali memiliki berbagai keindahan yang tak terlupakan dengan keistimewaan masing-masing. Beberapa memiliki keistimewaan sebagai tempat surfing terbaik yang akan memanjakan para pecinta selancar ini. Mislanya saja pantai Kuta, Padang-Padang, Dream Land, Pantai Balangan, green bowl, dan Medewi. Pantai Medewi sendiri menjadi favorit peselancar lokal maupun mancanegara karena ombaknya yang besar dan panjang serta tak terlalu tinggi.  Sehingga cocok bagi para peselancar tua, muda, pemula, hingga profesional.

pantai-medewi (1)Nama pantai ini didasarkan pada lokasi pantai yang yang berada di Desa Medewi, Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana. Desa Medewi sendiri mulai masuk administrasi dan dijadikan pemukiman sejak tahun 1912. Sebelumnya daerah sekitar pantai merupakan hutan yang ditumbuhi tumbuhan ketket, yakni sejenis tumbuhan berduri banyak. Dalam bahasa bali tumbuhan dengan berduri banyak disebut dengan tumbuhan meduwi. Hutan ini mulai dibuka oleh sekelompok orang dari desa Mendoyo Dauh Tukad, kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana. Hutan ini kemudian disebut hutan meduwi. Seiring berjalannya waktu, tanah di bekas hutan tersebut mulai banyak didatangi orang dan menetap di sana.Medewi2

Pantai ini hanya berjarak 72 km dari Denpasar. Anda hanya membutuhkan waktu satu setengah jam untuk bisa ke pantai ini. Pantai ini juga cukup mudah dijangkau karena hanya berjarak 100 meter dari jalan raya yang menghubungkan Denpasar dan Gilimanuk. Suasana pedesan dengan pemandangan sawah akan menemani perjalanan anda.

Pantai-MedewiPantai Medewi merupakan pantai berbatu dan memiliki bentuk yang landai pada sisi bagian barat. Selain itu juga terdapat lekukan  lekukan ke arah selatan dengan perahu nelayang yang berjajar. Hal inilah yang menyebabkan pantai medewi menjadi tempat surfing yang menarik bagi para surfer. Ada semacam gazebo yang bisa anda gunakan untuk menikmati deburan ombak dan pemandangan pantai dari atas bukit. Apalagi suasana yang ditawarkan Pantai Medewi begitu tenang berpadu dengan keindahan yang mempesona akan membuat perasaan anda begitu nyaman.

medewi beachDan pemandangan yang paling dinanti para wisatawan adalah ketika matahari menutup diri di ufuk barat, menggambarkan lembayung yang tak mudah dilupakan. Pantai Medewi menjadi tempat yang cocok bagi anda yang mencari ketenangan, bercengkerama bersama keluarga, atau pun bulan madu berdua. Namun di kala musim liburan sekolah dan hari raya, pantai Medewi benar-benar ramai oleh wisatawan.

pantai-medewi5Pantai Medewi lambat laun semakin berkembang dan mulai disediakan berbagai fasilitas yang menunjang. Mulai dari toilet umum, lahan parkir, kamar mandi, rumah makan, hingga kolam renang. Ada pula penginapan di sekitar pantai. Anda juga bisa mencoba jasa pijat yang disediakan ibu-ibu di sekitar pantai. Mereka membuat gubuk sederhana beratap alang-alang dengan tempat tidur yang juga sederhana. Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 50.00o untuk pijat selama satu jam. Jadi usai berselancar anda bisa mereleksasikan tubuh anda dengan pijat. Untuk akomodasi, anda bisa menggunakan hotel murah di Bali, seperti:

Refrensi:

  • http://bali.panduanwisata.id/pantai-bali/menenangkan-diri-di-pantai-medewi/
  • http://www.wisatadewata.com/article/wisata/pantai-medewi
  • http://www.water-sport-bali.com/pantai-medewi/

 

Add a Comment

Your email address will not be published.