River Tubing Sungai Pakerisan

river tubing sungai pakerisanAda long weekend nih minggu ini. Kemanakah anda akan menghabiskan long weekend kali ini? Jika anda ingin yang berbeda untuk menghabiskan long weekend kali ini, anda bisa mencoba salah satu aktivitas yang akan memacu adrenalin anda river tubing. Berbeda dengan rafting yang dilakukan dengan banyak orang dan medan sungai yang lebih panjang dan menantang, river tubing hanya dilakukan seorang diri atau dua orang di sungai yang lebih kecil. River tubing tidak membutuhkna dayung karena hanya dilakukan di atas ban atau boat kecil. Namun anda tidak perlu khawatir karena aktivitas ini tetap seru dan cukup menantang untuk dilakukan karena tak ada pemandu dalam boat anda. Mereka tersebar di sejumlah titik yang akan membantu jika anda kesulitan meluncur. Salah satu tempat di Bali yang banyak digunakan untuk aktivitas ini adalah Tukad atau Sungai Pakerisan.

sungai pakerisan dan gunung kawiSungai Pakerisan berada di Tampak Siring, Ubud, Kabupaten Gianyar dan membelah diantara tebing Candi atau Pura Gunung Kawi. Suasana di sekitar sungai ini cukup asri dan masih alami karena Sungai Pakerisan termasuk sungai yang dikeramatkan sehingga keberlangsungannya begitu dijaga. Tak heran jika sungai ini belum tercemar dan masih jernih sehingga digunakan sebagai sumber mata air dan mengaliri persawahan. Dengan aliran sungai sepanjang 4.5 km, Sungai Pakerisan melewati beberapa lembah dan dan tebing yang dipenuhi dengan tumbuhan tropis yang indah. Ada air terjun alami yang semakin meDengan semua keindaha yang ditawarkan, Pemerintah setempat sempat mengusulkan menjadikan Sungai Pakerisan sebagai salah satu World Herritage Conservation atau warisan budaya dunia. Hal ini tak terlepas dari keberadaan Candi Gunung kawi yang merupakan situs bersejarah.

sungai pakerisanNama Pakerisan sendiri berasal dari kata keris yang merupakan senjata Tirta Pengikup Dasa Baya. Senjata ini bisa mengungkap pemahaman tujuan hidup. Tak hanya Candi Gunung kawi, di sekitar Sungai Pakerisan juga terdapat warisan budaya yang lain seperti Selukat, Maceti, dan Pancoran Solas serta warisan yang lain yang berada di desa sekitarnya. Sungai ini juga mengalir di sejumlah pura, seperti Pura Tirta Empul, Pegulinan, Mangening, Samua Tiga, Pengukur-ukur dan Goa Gajah.

river tubing sungai pakerisanSalah satu provider yang menyediakan jasa river tubing di Sungai Pakerisan adalah Bali River Tubing. Para wisatawan, terutama wisatawan asing, sangat menyukai aktivitas ini. Menurut mereka pengalaman river tubing cukup unik dan berbeda dengan rafting. Apalagi disepanjang aliran sungai ditemani dengan pemandangan yang begitu menakjubkan. Selama 1.5 jam, para wisatawan akan ditantang menaklukan tujuh jeram yang ada. Harga yang ditawarkan oleh provider untuk menikmati aktivitas river tubing Sungai Pakerisan sudah termasuk transportasi antar-jemput, pemandu, asuransi, sewa peralatan, handuk, dan makan siang. Asik kan 🙂 Jadi kenapa tidak menghabiskan long weekend kali ini dengan melakukan river tubing di Sungai Pakerisan.

bali-river-tubingBiar liburannya tidak terganggu, jangan lupa untuk mempersiapkan diri ya, seperti menggunakan tabir surya dan kaos yang nyaman. Jika mengajaka anak-anak, jangan lupa dampingi mereka ketika melakukan aktivitas ini. Sayangnya di sekitar sungai pakerisan tidak ada hotel. Namun dengan adanya fasilitas antar-jemput dari provider river tubing, nginap di hotel murah di Bali manapun gak ada masalah dong. Beberapa hotel murah di Gianyar yang bisa anda gunakan misalnya:

Refrensi:

  • http://bali.antaranews.com/berita/21764/wisata-tubing-sungai-pakerisan-goda-wisman
  • http://balitoursclub.com/berita_425_Sungai_Pakerisan.html
  • http://blog.kutaraya.com/serunya-bali-tubing-di-sungai-pakerisan/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *