Air Terjun Munduk yang Berkhasiat

AT MundukBali pantas menjadi favorit wisatawan karena banyak tempat di Bali yang mengagumkan, terutama wisata alamnya. Bukan hanya pantainya yang cantik, namun Bali juga memiliki wisata air terjun yang mengagumkan. Kawasan Buleleng merupakan surga air terjun di Bali. Anda bisa menjumpai banyak air terjun yang indah di sana. Salah satunya adalah Air Terjun Munduk yang tidak hanya indah namun juga berkhasiat. Air terjun memiliki kandungan sulfur atau belerang yang biasanya ditemui pada wisata air panas. Air terjun ini bisa digunakan untuk terapi dan menyembuhkan penyakit kulit.

MUNDUK WATERFALLAir Terjun Munduk masuk dalam kawasan Desa Munduk, Kecamatan Banjar, Buleleng. Air terjun ini berjarak sekitar 42 km dari Kota Singaraja dan 70 km dari Denpasar. Berada di sekitar perkebunan kopi membuat suasana di sekitar Air Terjun Munduk begitu sejuk dan tenang. Meski hanya setinggi 15 km, namun air terjun ini tetapmenyenangkan untuk dipandangi. Belum lagi segar dan dinginnya air terjun yang berkhasiat, seolah ikut menambah kesegaran kulit. Hempasar air yang mengenai wajah cukup menggambarkan betapa segar dan dinginnya air terjun. Anda bisa berendam dan mandi berlama-lama di kolam air terjun sambil menenangkan diri menikmati kesegaran dan ketenangan suasana di sekitar air terjun.

air terjun mundukKarena baru saja dibuka sebagai tempat wisata, tak heran jika akses jalan emnuju air terjun cukup menguras tenaga. Anda bisa bertanya kepada Restoran Golden Valley yang berada tak jauh dari lokasi air terjun ini. Anda juga bisa makan di restoran ini sembari menikmati keindahan air terjun sebelum akhirnya benar-benar merasakan keindahan dan kesegaran bermain di sekitar air terjun tersebut. Harga yang ditawarkan restoran ini cukup murah dengan menu yang beragam. Dari restoran ini anda bisa menemukan jalan yang tak terlalu curam untuk menuju parkiran air terjun, meski sedikit memutar.

jalan menuju air terjun mundukNamun bagi anda penikmat aktivitas petualang, tak ada salahnya untuk mencoba akses utama ke air terjun yang sedikit curam, melewati jalan setapak yang berada di sekitar perkebunan cengkeh dan kopi. Perjalanan anda akan ditemani dengan harmoni suara alam dan gemricik air dari pancuran yang menambah kesan sejuk dan segar di sekitar air terjun. Kurang lebih dibutuhkan waktu 15 menit berjalan kaki atau sekitar 246 meter dari bagian atas anda akan sampai anda benar-benar melihat keindaha Air Terjun Munduk. Mengingat beratnya jalan yang harus anda tempuh untuk melihat keindahan air terjun, jangan lewatkan untuk membawa bekal dan air minum. Dan pastikan anda dalam kondisi yang fit untuk menempuh semua perjalanan tersebut. Beruntung musim hujan segera berakhir, karena di musim penghujan anda membutuhkan kewaspadaan ekstra untuk melaluinya sebab kondisi jalan yang licin.

Air-Terjun-MundukBegitu tiba di air terjun, anda bisa membasuh tubuh lelah anda dengan segarnya air terjun. Kandungan belerang dalam air terjun tersebut semakin membuat tubuh anda segar. Air Terjun Munduk menjadi salah satu wisata  alam yang cukup menakjubkan. Oh ya, tak jauh dari Air Terjun Munduk, ada air tejun lain yang tak kalah mengagumkan, Air Terjun Melanting. Untuk tiket masuk ke Air Terjun Mundukanda hanya akan dikenai Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Jika Restoran Golden Valley telah memenuhi kebutuhan perut anda, untuk akomodasi anda bisa menyerahkan ke hotel murah di Bali, seperti:

Refrensi:

  • https://wisatabuleleng.wordpress.com/objek-wisata/air-terjun-munduk/
  • http://www.tempat-wisatabali.org/2014/04/wisata-alam-air-terjun-munduk-buleleng.html

Add a Comment

Your email address will not be published.