Berbagai Nama untuk Pantai Pasir Putih Karangasem

Pantai-Virgin-Beach-BaliSatu lagi pantai di Bali yang indah dan kini mulai banyak didatangi banyak wisatawan. Pantai yang berada di kawasan karangsem ini, merupakan salah satu pantai tersembunyi di daerah ini. Lebih tepatnya, pantai pasir putih ini berada di Desa Perasi, Kabupaten Karangasem. Pantai dengan sejuta keindahan ini memiliki beragam sebutan. Ada yang menyebut pantai ini dengan nama pantai pasir putih, pantai perasi, hingga Virgin beach. Namun jika anda bertanya dengan orang lokal mengenai pantai ini, anda cukup menyebutkan pantai yang berada di desa perasi.

Pantai-Pasir-Putih-Karangasem1Lokasi pantai perasi berdekatan dengan kawasan wisata candidasa dan desa adat tenganan. Dari Denpasar dibutuhkan waktu dua jam untuk menjangkau pantai ini. Namun pantai ini masih jarang didatangi wisatawan domestik karena lokasinya yang berjarak 2 km dari jalan raya jalur Denpasar-Karangasem. Dengan lokasinya yang menjorok ke dalam maka tak mengherankan jika suasana di pantai ini begitu tenang dan damai. Panorama di sekitar pantai terlihat begitu asri. Udaranya juga masih bersih dan segar yang akan membuat anda semakin merasa nyaman.

VIRGIN BEACH - KARANGASEM (3)Lokasi pantai yang berada di antara dua tebing yang tersembunyi, yang berada di balik bukit Bugbug dan perasi, membuat pantai ini seperti teluk. Tak hanya itu pantai ini yang memiliki panjang 3 km ini begitu uni. Pasir pantai yang berwarna putih hanya berada di sekitar pantai. Sedangkan warna pasir di sebelah barat dan timur bukit memiliki pasir berwarna hitam. Birunya air laut yang jernih berpadu dengan ombak yang menari dengan tenang. Sangat cocok untuk anda yang ingin bermain-main air mulai dari berenang, memancing, diving, atau pun snorkeling. Keindahan alam bawah laut yang ditawarkan pantai perasi semakin melengkapai keindahan di sekitar pantai. Beragam jenis ikan dan tumbuhan laut dapat anda temui di sini.

img_20120609205539_4fd355db283e9Di sekitar pantai perasi, anda bisa menemukan berbagai cafe yang menawarkan berbagai makanan, minuman, hingga kacamata untuk snorkeling. Tak hanya itu, jika anda menginginkan berjemur sambil menikmati langit yang cerah yang berpadu dengan birunya laut, anda bisa meminta pada staf cafe kursi geladak (sun deck) dan payung. Apalagi ditengah suara debur ombak, anda juga akan dihibur dengan suara rindik dari salah satu cafe. Rindik sendiri merupakan salah satu alat musik tradisional dari Bali yang terbuat dari bambu dengan bernada selendro. Biasanya alat musik ini dimainkan oleh 2-4 orang pemain atau 2-5 orang pemain. Rindik ditabuh oleh dua orang sedangkan yang lain memainkan seruling dan juga gong pulu. Biasanya alat musik ini digunakan dalam pementasan tarian ‘joged bumbung’ atau ketika upacara pernikahan. Meski di pantai ini tidak ada upacara pernikahan, anda tetap dapat menikmati musik tradisional Bali ini.2669474891_9e4b66421e

Untuk akomodasi, anda bisa memanfaatkan hotel murah di Bali yang berada di sekitar pantai perasi maupun di kawasan candidasa. Misalnya:

Refrensi:

  • http://www.water-sport-bali.com/pantai-pasir-putih/
  • http://pariwisatadanteknologi.blogspot.com/2010/03/pantai-pasir-putih-white-sand-beach.html#comment-form
  • http://white-trip.blogspot.com/2013/01/pantai-virgin-surga-tersembunyi-di-bali.html

Add a Comment

Your email address will not be published.