Menantang Sungai Melangit

melangit1Sungai-sungai di Bali selain memiliki keindahan pemandangan alam juga memiliki aliran yang cukup deras sehingga cocok digunakan untuk melakukan olahraga air. Salah satunya adalah kegiatan rafting. Dengan berjuang menantang derasnya aliran sungai akan menjadi tantangan tersendiri bagi anda. Bukan hanya di sungai ayung. Bali juga memiliki sungai Melangit yang akan menantang adrenalin anda untuk rafting di sini dengan medannya yang cukup berat dan ekstrem. Namun setelah itu anda bisa merasakan kegelisahan dan pikiran stres anda berkurang.

Bakas-RaftingSungai melangit merupakan sungai terdalam di Bangli, Kungkung, Bali. Dengan kedalaman yang mencapai 4 meter, sungai ini menawarkan belokan yang cukup tajam dan curam, baik ke kanan atau pun ke kiri.  Struktur sungai yang berbatu dan aliran airnya yang deras, cukup menantang bagi anda penikmat rafting. Ditambah dengan pemandangan alam yang memukau, pepohonan rimbun di sisi kiri sungai, dan keindahan air terjun semakin menambah pengalaman yang tak terlupakan bagi anda. Beragam satwa, seperti burung dan kera-kera liar juga akan menemani perjalanan rafting anda.

Bakas-Levi-RaftingSelama 1.5 hingga 2 jam anda akan diajak mengarungi aliran sungai melangit sepanjang 7.5 meter. Kurang lebih tiga puluh jeram akan menantang anda dengan ketinggian antara satu hingga empat meter. Tak banyak memang operator rafting di sungai ini. Namun anda bisa mencoba Bakas Levi Rafting yang juga menyediakan jasa pariwisata Bali Elephant Park. Operator rafting ini berada di desa Bakas, Klungkung yang bisa anda tempuh dari jalur By Pass Prof. Ida Bagus Mantra.

Dari pusat administrasi, anda hanya perlu waktu lima menit untuk menuju start point. Sebelum memulai rafting anda akan mendapatkan pengarahan dari pemandu yang berpengalaman dan terlatih. Anda juga akan mendapatkan peralatan keselamatan, seperti jaket pelampung dan helm untuk melindungi kepala anda apabila terjatuh. Anda tidak perlu khawatir karena peralatan yang digunakan telah memenuhi standart mulai dari perahu karet dan dayungnya.

5besarAnak-anak anda juga bisa mencoba olahraga ini. Namun hanya mereka yang telah berumur 8 tahun ke atas yang diperbolehkan. Anda tidak perlu khawatir karena mereka akan ditemani pemandu yang telah terlatih dan berpengalaman. Di lokasi finish, telah disediakan ruang ganti dan toilet yang nyaman. Anda juga bisa makan siang sembari menikmati udara pedesaan yang segar dan sejuk.

Untuk persiapan rafting jangan lupa membawa baju ganti, sepatu air, kamera untuk mengabadikan momen menyenangkan anda, dan tentunya semangat petualang menyusuri sungai melangit yang menantang ini. Jangan lupa juga untuk menggunakan sunblock untuk melindungi kulit anda dari sengatan matahari dan menghindari kulit anda menghitam legam.rafting_foto3

Sungai melangit benar-benar tempat yang cocok untuk berwisata arung jeram. Selain tempatnya yang menantang dan pemandangannya  yang indah, tempat ini juga masih alami dan jauh dari kebisingan serta polusi. Masyarakat sekitar juga cukup ramah. Di atas sungai melangit juga terdapat air terjun dusun kuning yang cukup mempesona. Untuk akomodasi, anda tidak perlu khawatir karena tersedia banyak hotel di Bali, seperti:

Refrensi:

  • http://biasputih.com/tempat-wisata/serunya-arum-jeram-sungai-melangit/
  • http://bali.panduanwisata.id/spot-wisata/menjajal-rafting-sungai-melangit/
  • http://www.water-sport-bali.com/bakas-levi-rafting/

Add a Comment

Your email address will not be published.