Melihat Kupu-Kupu Cantik Di Bali Butterfly Park

taman kupu2Bagi anda pecinta serangga, terutama kupu-kupu si serangga cantik, jangan lewatkan untuk berlibur ke Bali Butterfly Park. Di sini anda bisa menyaksikan beragam kupu-kupu, mulai dari yang biasa anda temui dalam kehidupan sehari-hari hingga kupu-kupu yang kini keberadaannya semakin sedikit. Sebagai negara tropis, tak heran jika kupu-kupu banyak ditemui di Indonesia. Dan penangkaran yang dibangun di Bali semakin melengkapi wisata di Bali. Meski hanya dibangun di atas lahan seluas 1/3 hektar dan ditutup dengan jaring seluas 3.700 m², beragam kupu-kupu dari Nusantara bisa anda nikmati lengkap dengan kepompong mereka. Tak hanya kupu-kupu, beragam jenis serangga yang lain seperti tarantula, kalajengking, aneka jenis kumbang dan lain sebagainya.

taman-kupu-kupu2Bali Butterfly Park merupakan taman kupu-kupu pertama di Indonesia. Bahkan taman kupu-kupu ini juga menjadi yang terbesar di Asia. Berada di Jl.Batukaru, Banjar Sandan Lebah, Desa Wanasari, Tabanan, Bali Butterfly Park memang tak terlalu terlihat. Dari  pusat kota Tabanan saja, Taman kupu-kupu ini berjarak 7 km. Dan jika anda dari Denpasar, anda hanya perlu menjangkaunya dalam waktu 45 menit atau sejauh 32 km. Sedangakan bagi anda yang dari Bandara Ngurah Rai membutuhkan waktu yang lebih lama lagi, yakni sekitar 51 menit untuk menempuh jarak sejauh 43 km.

imagesPendirian Taman Kupu-Kupu ini berawal dari pemikiran akan pentingnya menjaga kelestarian kupu-kupu. Hal ini dikarenakan beragam jenis kupu-kupu bisa ditemui di Indonesia. Oleh karenanya, usai pelaksanaan International Butterfly Conference atau konferensi kupu-kupu sedunia yang berlangsung di Ujung Pnadang ini, mulailah direncanakan pembangunan Bali Butterfly Park. Dari hasil konferensi yang berlansung pada tanggal 24 – 27 Agustus 1993 tersebut diputuskan pembangunan taman kupu-kupu dimulai sejak bulan Oktober 1993. Namun, peresmian taman kupu-kupu ini baru dilakukan pada tanggal 17 Desember 1996. Peresmian tersebut dilakukan oleh Ibu Asiawati Oka selaku Ketua Tim PKK Propinsi Bali.

20121208_111202Setiap harinya anda bisa menyaksikan ratusan kupu-kupu dengan beraneka warna dilepaskan. Salah satunya adalah Omithoptera Paradisea yang sering disebut dengan kupu-kupu sayap burung surga. Anda juga bisa membawa anak-anak anda untuk berwisata ke sini. Karena tak hanya melihat aneka kupu-kupu cantik, anda dan sang buah hati juga bisa menyaksikan perkembangbiakan dan penangkaran aneka kupu-kupu tersebut. Sehingga meski dalam suasana liburan, anak-anak tetap memperoleh ilmu yang bermanfaat. Usai melihat penangkaran kupu-kupu, and a juga bisa mengabadikan kenangan anda selama di sana. Anda bisa membiarkan kupu-kupu bertenger di kepala atau jari anda, dan abadikan momen tersebut sebagai pengalaman yang tak terlupakan.

berfoto dengan kupu-kupuBali Butterfly Park umumnya dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Wisatawan domestik jarang memanfaatkan liburan mereka ke taman ini. Padahal tiket masuk ke taman kupu-kupu ini cukup murah. Hanya Rp 15.000/ orang untuk wisatawan domestik. Selain itu, beragam souvenir dan kerajinan unik dari kupu-kupu dan serangga yang lain menjadi daya tarik lainnya. Misalnya saja bingkai isi kupu-kupu, bingka kumbang, gantungan kunci serangga, paper weight berisi kupu-kupu, pembatas buku, hingga lukisan yang terbuat dari sayap kupu-kupu.

taman-kupu-kupu-tabanan-baliBagaimana, tertarik untuk mengunjungi Bali Butterfly Park? Anda bisa mengunjunginya dihari apa pun karena taman kupu-kupu ini buka setiap hari sejak pukul 08.00-17.00 waktu setempat. Anda yang membutuhkan akomodasi bisa menggunakan hotel murah di Bali seperti:

Refrensi:

  • http://bali.panduanwisata.id/spot-wisata/mengunjungi-taman-kupu-kupu/
  • http://www.dekadibali.co.id/buterflypark.html

Add a Comment

Your email address will not be published.