Yuk, Cicipi Pie Susu Bali

Pie-Susu527-20141007141933Pulang dari Bali, tak lengkap rasanya jika tak membawa oleh-oleh khas Bali. Selain souvenir, jajanan khas Bali juga cocok dijadikan oleh-oleh. Selain brem Bali dan kacang asin, anda juga bisa membawa oleh-oleh pie susu bali yang sedang tren saat ini. Pie yang juga disebut dengan nama “Londo Egg Tart” ini memiliki cita rasa manis dan gurih khas susu dengan pinggiran yang renyah. Membuat anda tak tahan jika hanya makan sebuah. Anda tidak perlu khawatir merasa eneg jika makan pie ini, meski anda memakannya dalam jumlah yang banyak. Yuk, kita kenalan lebih dalam dengan kue khas Bali ini.

Jangan Salah Sebut

pia janger coklatSelama ini orang sering kali menyebut pie sama dengan pia. Padahal sejatinya kedua kue ini berbeda. Pia adalah kue berbentuk bulat dengan 4 hingga 5 lapis kulit yang renyah. Kue ini memiliki beragam isian, mulai dari kacang hijau, coklat, keju, hingga kacang merah. Sedangkan pai termasuk dalam pastry yang populer di negara barat. Di negara asalnya pie dicetak bundar dengan diameter mencapai 4-5 cm dan diisi dengan egg custard yang terdiri dari campuran susu, telur dan gula.

pie-susu-bali-1Yang membedakan pie bali dengan pie di negara barat adalah kulit pie dicetak bundar dengan diameter 7 cm. Kulit di cetak tipis dan renyah. Selain itu egg custard yang digunakan tidak terlalu tinggi dan tebal serta lembut ketika dimakan. Sehingga ketika dimakan tidak menimbulkan rasa eneg. Paduan antara kulit yang renyah dengan adonan susu dan telur yang pas. Sekilas pie ini berbentuk seperti tutup gelas. Karena itu jika dimakan akan terasa renyah manis kulitnya dengan  egg custard  yang tidak terlalu tebal sehingga tidak terlalu enek.

Awal Mulanya

Pie-SusuPie awalnya berasal dari Mesir Kuno. Pada zaman Romawi, pie digunakan untuk membungkus daging atau pun bahan yang lain agar tetap lembab ketika dimasak dan kedpa udara sehingga tidak mudah basi. Dengan cita rasanya yang unik, pie menyebar ke seluruh eropa, termasuk Inggris. Hingga akhirnya populer di Amerika.

Kehadiran pie di negara barat ini kemudian diadaptasi oleh Hong Kong yang merupakan bekas koloni Inggris. Kemudian Tengs cha Chaan memperkenalkan pie susu pada tahun 1940-an. Kehadiran pie susu ini menjadi pesaing bagi restoran Dim Sum, khususnya Yum Cha. Pie susu milik Tengs cha Chaan kemudian dibuat dengan berbagai varian pada masa sekarang. Mulai dari pie susu, pie putih telur, pie madu telur, pie green tea, pie coklat, hingga pie jahe. Terkait dengan asal mula pie susu ini ada yang mengatakan bahwa pie ini diadaptasi dari pastel de nata milik Portugis melalui koloni Portugis yang ada di Makau. Di Portugis sendiri, pie susu berasal dari kue puding tradisional Portugis. Seorang  suster Katholik di Biara Jeronimos menciptakannya lebih dari 200 tahun silam. Selain di biara, kue ini kemudian di jual juga oleh Toko kue Casa Pasteis De Belem di tahun 1837.

imagesDi Bali, pie susu mulai diproduksi secara rumahan di daerah Jalan Nangka Denpasar sejak tahun 1989. Namun kini telah menyebar hingga ke seluruh Bali dengan berbagai merek dan varian rasa. Ada rasa original atau susu, coklat, vanila, keju, hingga kopi bali. Selain di pasaran, anda bisa membeli pie susu ini langsung di tempat produksinya. Sehingga rasanya jauh lebih enak karena fresh dari oven. Anda bisa mengunjungi outlet pie susu di jalan Jalan Nangka Selatan Nomor 163 dengan merek “Pie Susu Asli Enaaak” yang berdekatan dengan beberapa hotel di bali, seperti hotel NIKKI dan Aston Denpasar Hotel & Convention. Atau anda juga bisa membeli di cabang “Pie Susu Asli Enaaak” yang berada di Jalan Wahidin Nomor 35, Denpasar atau di Jalan Dewi Sri VIII Blok B-8, Pertokoan Kuta Plaza yang berdekatan dengan hotel Ibis Styles Bali Kuta Dewi Sri, Everyday Smart Hotel, dan J Boutique Hotel.

1717339pie-susu-enaaak780x390Refrensi:

  • http://www.koranrenon.com/nikmati-keistimewaan-pie-susu-khas-bali.htm
  • http://oleholehkhasbali.com/asal-mula-sejarah-pie-susu-alias-egg-tart.html
  • http://www.bogasari.com/zona-konsumen/baca-tips-bogasari.aspx?t=sejarah-pie-dan-potensinya-sebagai-bisnis-makanan-populer
  • http://travel.kompas.com/read/2014/06/19/1013375/Berburu.Pie.Susu.Khas.Bali

Add a Comment

Your email address will not be published.