Kenangan Pejuang Bali Di Monumen Bajra Sandhi

OLYMPUS DIGITAL CAMERABerwisata di Bali, tidak melulu hanya tentang pesona alamnya, namun juga tentang sejarah daerah ini. Salah satu tempat wisata bersejarah di Bali ialah Monumen Bajra Sandhi. Monumen yang juga berfungsi sebagai museum ini menyimpan kenangan perjuangan rakyat Bali yang berjuang sejak zaman kerajaan hingga ketika merebut dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Hingga akhirnya monumen ini dikenla juga dengan sebutan Museum Perjuangan Rakyat Bali. Bajri berarti genta, sedangkan sandhi berarti suci. Nama Bajra Sandhi dipilih karena bentuk bangunan ini yang menyerupai bajri atau genta yang digunakan oleh pendeta Hindu ketika mengucapkan mantra atau weda saat upacara keagamaan.

Monumen Bajra Sandhi terletak di pusat ibukota Denpasar, tepatnya di kawasan Ranon. Berdiri tepat di depan gedung Kantor Gubernur Kepala Daerah Provinsi Bali yang juga di depan Gedung DPRD Provinsi Bali Niti Mandala Renon. Disekelilingnya juga terdapat lapangan bola. Monumen ini begitu menarik perhatian karena bangunannya yang terawat dengan baik dan bersih. Selain itu terdapat menara yang menjulang tinggi dengan arsitektur khas Bali.

3155261054_48c86f23d1Lokasi monumen ini dahulunya adalah tempat perang puputan, yakni perang antara rakyat bali yang berjuang habis-habisan dalam melawan penjajah. Monumen ini didedikasikan kepada para pahlawan dan sebagi lambang penghormatan atas perjuangan rakyat Bali. Selain itu monumen ini dibangun untuk mewariskan semangat perjuangan rakyat Bali dan melestarikan budaya Bali kepada generasi penerus. Tak hanya sebagai pelestarian budaya Bali, monumen ini juga dibangun sebagai lambang semangat dalam menjaga Keutuhan Negara Republik Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan 17 anak tangga yang ada di pintu utama, 8 buah tiang agung di dalam gedung monumen, dan monumen yang menjulang setinggi 45 meter.

museum_perjuangan_rakyat_bali_18Ide pembangunan monumen ini berasal dari Gubenur Bali di tahun 1980, Dr. Ida Bagus Mantra. Kemudian di tahun 1981 diadakan sayembara desain monumen yang dimenangkan oleh Ida Bagus Yadna, mahasiswa jurusan Arsitketur, Fakultas Teknik, Universitas Udayana. Peletakan batu pertama dilakukan pada tahun 1988 dan pada tahun 2001, bangunan fisik monumen selesai. Pada tahun 2002 mulai dilakukan pengisian diorama dan penataan lingkungan. Selain itu juga dikeluarkan SK Gubenur Bali terkait penunjukan Kepala UPTD Monumen dilaksanakan. Pada Juni 2003, monumen tersebut diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri, yang menjabat presiden kala itu. Baru pada tanggal 1 Agustus 2004 pelayanan dibuka untuk masyarakat umum.

19072012_148Monumen Bajra Sandhi dibangun mengikuti falsafah Hingu Lingga Yonidan, yakni mengenai Pemutaran Gunung Mandara Giri di lautan susu Ksirarnawa. Falsafah ini diambil dari cerita Adiparwa. Bangunan utama yang tinggi sebagai lingga, sedangkan dasar bangunannya adalah yoni. Lingga Yoni adalah perlambangan dari pertemuan pria (purusa) dengan wanita (pradana), yaitu pertemuan antara kekuatan positif dan kekuatan negatif. Dalam kepercayaan purba merupakan pertemuan ini sebagai pertemuan antara langit dengan bumi dipandang sebagai lambang kesuburan.

534085_3399169157368_1382615904_nMonumen dengan luas bangunan 4.900 m2 dan luas tanah 138.830 m2 ini, memiliki koleksi 33 diorama yang menggambarkan perjalanan sejarah perjuangan masyarakat Bali dari zaman pra sejarah hingga pada zaman perjuangan kemerdekaan. Selain itu juga terapat beberapa lukisan I Gusti Ngurah Rai dengan pasukannya. Desain bangunan dalam tak kalah menarik dengan bangunan luarnya, sehingga akan membuat anda semakin merasa nyaman.

Di dalam museum anda juga bisa menemukan perpustakaan dan tempat belanja makanan serta kerajinan khas Bali. Anda juga bisa menaiki menara untuk melihat pemandangan kota Denpasar dan aktivitas di Lapangan Renon. Untuk menikmati semua falitias tersebut anda hanya dipungut tiket seharga Rp 2.000 bagi dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak. Dan anda bisa bertandang ke museum ini pada hari Senin-Jum’at pada pukul 08.00-17.00 dan Sabtu-Minggu pada pukul 09.30-17.00. Sedangkan untuk hari libur nasional dan cuti bersama, museum ini tidak membuka layanan. Jika anda membutuhkan penginapan, anda bisa menggunakan hotel murah di Bali, seperti:

Referensi:

  • http://kumpulan.info/wisata/tempat-wisata/152-museum-perjuangan-rakyat-bali.html#museum
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Monumen_Bajra_Sandhi
  • http://www.wisatadewata.com/article/wisata/monumen-perjuangan-rakyat-bali-bajra-sandhi

Add a Comment

Your email address will not be published.