Keindahan Air Terjun Juwuk Manis yang Menyegarkan

Travelling-Bali-sightseeing-waterfalls-Juwuk-manis-waterfallBali memang surga wisata bagi para traveler. Setiap pesona alamnya bisa dijadikan sebagai tempat wisata yang mempesona. Meski itu hanya sebuah air terjun mini. Salah satunya adalah air terjun yang berada di Dusun Juwuk Manis, Desa Manggis Sari, Kecamatan Pekutatan, Jembrana. Nama air terjun ini pun disesuaikan dengan lokasinya, Air Terjun Juwuk Manis. Air terjun ini hanya setinggi 4 km. Namun kesegaran airnya tak kalah dengan air terjun dengan ketinggian lebih. Dua air terjun yang berdampingan bisa anda nikmati di sini, selain kolam kecil di bawahnya yang bisa anda gunakan mandi atau sekedar bermain air.

Air-terjun-Juwuk-ManisAir terjun Juwuk Manis belum dikelola secara optimal dan masih perlu dikembangkan lagi. Terutama untuk prasarana dan akses ke lokasi air terjun. Air terjun yang berjarak 75 km dari Denpasar ini sejatinya memiliki suasana yang cukup asri yang bisa menghilangkan kepenatan anda. Namun usaha keras dibutuhkan untuk bisa sampai ke air terjun Juwuk Manis.

Dari Denpasar anda tinggal mengarahkan perjalanan menuju Gilimanuk, dengan kondisi aspal jalan yang mulus, hingga sampai di perempatan Desa Pangyangan. Dari sini anda perlu belok kanan dan melewati jalan yang berkelok dan cukup sempit hingga tiba di tempat parkir Air Terjun Juwuk Manis yang berada di dekat Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Juwuk Manis.

joging-di-Persawahan-Juwuk-ManisDari parkiran, petualangan anda belum berakhir. Bahkan bisa dibilang, petualangan yang sesungguhnya baru dimulai. Anda harus trekking menuruni jalan setapak yang cukup curam sepanjang 1 km dengan melewati perkebunan kopi dan cengkeh. Untuk anda yang menyukai petualangan dan olahraga, hal ini tentu bukan suatu masalah yang berat. Tapi bagi mereka yang tidak pernah olahraga, tentu fisik akan ditantang. Karenanya dibutuhkan stamina yang kuat untuk bisa menaklukan semua tantangan agar bisa menikmati keindahan air terjun Juwuk Manis. Selain itu anda juga perlu berhati-hati dalam menuruni jalan dan anak tangga tersebut karena cukup curam.

kawanan-bebek-yang-mandi-dan-bermainNamun anda tidak perlu khawatir karena petualangan anda akan ditemani dengan udara yang cukup sejuk dan pemandangan perbukitan yang masih alami. Bunga-bunga kopi dan cengkeh dari perkebunan penduduk memberikan keharuman yang khas, yang juga turut menemani perjalanan anda. Begitu sampai di air terjun, kesegaran airnya akan segera mneghapus rasa lelah anda seusai trekking yang anda lakukan. Perjuangan anda pun terbayar dengan kejernihan air terjun Juwuk Manis. Usai menikmati pemandangan, anda bisa langsung mandi atau bermain air di kolam kecil sambil menikmati guyuran air terjun.

juwuk manisMeski tak seperti Kabupaten Buleleng yang kaya akan wisata air terjun, namun air terjun Juwuk Manis cukup bisa diandalkan sebagai tempat wisata di kabupaten Jembarana. Terbukti dengan tingginya minat wisatawan yang berlibur ke air terjun ini. Terutama ketika hari libur nasional atau pun tahun baru dan hari raya. Kini akses jalan ke air terjun akan diperbaiki demi kenyamanan pengunjung. Jadi jangan lupa untuk memasukkan air terjun Juwuk Manis ke dalam daftar tempat liburan anda di Bali. Untuk akomodasi, anda bisa mengandalkan beberapa hotel murah di Bali, seperti:

Refrensi:

  • http://wisata.balitoursclub.com/air-terjun-juwuk-manis-di-jembrana
  • https://sites.google.com/site/wisataairterjun/bali/air-terjun-juwukmanis
  • http://www.amerthabalitour.com/?p=detail&idkat=2&idlist=2&idp=58

Add a Comment

Your email address will not be published.