Mendaki Keindahan Waka Tangga

waka-tangga2Mulai bosan dengan semua tempat wisata yang ada di Bali? Kenapa anda tidak mencoba menikmati keindahan alam Bali dengan sebuah kegiatan yang lebih menantang, seperti dengan panjat tebing? Ada sebuah tempat wisata alam di Bali yang tidak hanya akan membuat anda terkagum dengan keindahan alamnya, namun juga menawarkan sisi ekstrim yang akan menantang adrenalin anda. Anda akan merasakan pengalaman yang berbeda untuk liburan anda yang lebih menegangkan di Waka Tangga. Waka Tangga berada di Kecamatan Petang, Kabupaten Badung dan berjarak sekitar 35 km atau sekitar 45 menit dari Denpasar dengan menggunakan kendaraan bermotor. Waka Tangga merupakan sebuah gunung dengan puncaknya yang bernama Pucak Tedung dimana terdapat pura yang berusia cukup lama di sana. Untuk bisa menaklukan puncaknya, anda harus bersusah payah melakukan panjat tebing namun akan memberikan pengalaman berbeda pada liburan anda dan memenuhi hasrat bagi anda yang ingin melakukan petualangan.

desa-petangSelama memanjat untuk sampai ke Pucak Tedungg, anda akan ditemani dengan pemandangan alam yang menawan. Hijaunya hamparan sawah di Desa Petang yang berundak memberikan anda pemandangan segar. Begitu pula dengan perkebunan sayur dan buah di sekitarnya. Aliran Sungai Ayung yang berliku semakin melengkapi keindahan tersebut. Ya … Desa Petang memang terkenal dengan keasrian dan kealamian alamnya. Namun begitu anda sampai ke Puncak Tedung, semua pemandangan tersebut semakin leluasa untuk dilihat. Tepat di pucak bukit, anda juga bisa merasakan suasana yang sunyi dan kental akan spiritual, terutama ketika mendekati pura.

pura pucak tedungPura tua yang berada di Pucak Tedung seolah membawa anda pada masa kejayaan kerajaan Hindu kala itu. Pura tersebut dibanguun oleh masyarakat setempat sebagai bentuk penghormatan kepada Dang Hyang Nirarta yang kala itu sedang melakukan perjalanan ke Bali Timur. Ia beristirahat di sekitar puncak tersebut dan ketika hendak pergi ia meninggalkan tedung atau payung yang ia gunakan. Tedung tersebut nampak bercahaya pada malam hari. Dalam mimpi Raja Mengwi, ia melihat tedung tesebut memiliki kekuatan sehingga kemudian Sang Raja memmbangun pura di area tersebut dan diberi nama Pura Pucak Tedung, begitu pula dengan bukitnya. Dan oleh masyarakat setempat, mereka yang sedang melakukan panjat tebing menuju puncak ini dikatakan sedang melakukan perjalanan spritual.

panjat tebingNama Waka Tangga sendiri berasal dari usaha semua orang yang ingin mencapai Pucak Tedung dengan susah payah sebelum akhirnya merasakan ketenangan dan keindahan ciptaan Tuhan yang kesemuanya memberikan ketentraman jiwa. Waka Tangga berarti kesadaran hati, pikiran dan jiwa untuk bisa selaras dengan alam menikmati semua isinya. Stamina yang kuat mutlak anda perlukan untuk bisa mencapai Waka Tangga. Dan stamina yang kuat adalam modal untuk bisa merasakan ketenangan dan keindahan Waka Tangga. Di sekitar Waka Tangga, terdapat beberapa hotel murah di Bali yang bisa anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan akomodasi anda, seperti:pura pucak tedung

Refrensi:

  • http://www.topulerkan.com/waka-tangga-petualang-spiritual-ke-puncak-tedung-yang-tak-terlupakan-001954/
  • http://penerbangan-komersial.blogspot.com/2014/02/mendaki-gunung-di-waka-tangga-bali.html
  • http://bali.panduanwisata.id/spot-wisata/panjat-tebing-di-waka-tangga/

Add a Comment

Your email address will not be published.