Indahnya Pura Taman Ayun

kebun pura taman ayunSebagai daerah dengan umat Hindu sebagai myoritas, Bali memiliki banyak pura yang tidak hanya sakral namun juga begitu indah. Pura-pura ini dibangun tidak hanya untuk menyembah Sang Maha Kuasa, namun juga sebagai upaya melihat betapa besar keindahan yang sudah diberikan Sang Maha Kuasa kepada manusia. Salah satu wisata religi pura yang ada di Bali, ialah Pura Taman Ayun. Pura yang ada di Desa Mengwi, Badung, tepatnya di Jalan Ayodya ini memang benar-benar indah, seperti namanya yang erarti pura yang berada di taman yang indah. Pura yang erjarak 18 km dari Denpasar ini bahkan memperoleh pengharagaan sebagai World Heritage oleh UNESCO pada tahun 2002 karena pura yang indah memiliki nilai sejarah yang cukup kuat.

Pura-Taman-Ayun-BaliPura Taman Ayun merupakan pura pelopor atau yang juga dikenal sebgai Pura Ibu pada Kerjaan Mengwi. Pura ini dibangun pada tahun 1556 Saka atau sekitar 1634 M oleg raja pertama Kerajaan Mengwi, Raja I Gusti Agung Putu. Pura ini berawal dari Pura Taman Gentar yang dibangun beliau di utara Mengwi sebagai tempat pemujaan. Seiring dengan semakin berkembangnya Kerajaan Mengwi, Pura Taman Gentar dipndahkan ke sebelah timur dan dibangun lebih luas dan indah lagi. Pura ini kemudian berganti nama menjadi Pura Taman Ayun pada hari Selasa Kliwon Medangsia. Dan kini setiap Selasa Kliwon Medangsia, upacara piodalan dilakukan sebagai perayaan hari jadi pura. Dengan bentuk bangunannya yang berasal dari abad ke-17, tak heran jika Pura Tman Ayun berhasil masuk dalam World Heritage UNESCO.

taman_ayun__mengwi_415Pura yang sudah mengalami bebeapa renovsi besar ini memiliki arsitektur yang indah dengan taman-taman yang menakjubkan yang mengelilinginya. Berdiri di atas area seluas 9 hektar, pura ini juga dilengkapi dengan kolam yang berada di sekeliling kompleks pura. Kompleks pura ini terdiri dari 4 bagian, yakni pelataran luar atau Jaba dan pelataran dalam yang terdiri dari Pura Luhuring Purnama, Bale pengubengan atau Bale Bundar, dan Pura Dalem Pekak. Keempat bagian ini tersusun dengan bentuk semakin tinggi pada bagian dalamnya. Jaba berada di sisi kolam dengan sebuah jembatan yang melintasi kolam menuju Gapura Bentar. Dua buah arca besar berada di depan gapura dan sebuah gardu keci yang berfungsi sebagai penjagaan. Sebuah pendapa yang disebut dengan wantilan berada di halaman pertama dan menjadi tempat pelaksanaan upacara dan hal-hal yang berhubungan dengan upacara, termasuk tempat sabung ayam.

Pura Taman Ayun-11.img_assist_custom-560x420Antara pelataran pertama dan kedua dipisahkan oleh jalan menuju gerbang. Bale Bundar berada di sisi barat pelataran kedua dan menjadi tempat untuk berisitirahat sembari melihat keindahan kolam yang dipenuhi dengan bungai teratai. Kolam tersebut juga berhiaskan sebuah tugu yang memancarkan air ke sembilan arah mata angin. Sekumpulan pura kecil yang merupakan Pura Luhuring Purnama berada di sisi timur. Sebuah bangunan pembatas berhiaskan dewa penjaga mata angin berjumlah sembila menghiasi bangunan tersebut. Ada puala pura kecil di sebelahnya yang merupakan Pura Dalem Bekak dan Balai Kulkl yang beratap tinggi di sisi barat. Sementara Pelataran dalam ketiga yang merupakan bagian tertinggi ialah bagian paling suci. Hanya pada saat upacara tertentu pintu utama bagian ini dibuka. Berbagai bangunan keagamaan seperti Meru, Gedong, Candi, Padma, Padmasana, dan Rong Telu bisa ditemukan di sini.

objek_wisata_taman_ayun_414Pura Taman Ayun memang tidak hanya memiliki keindahan yang menakjubkan namun juga memiliki aura spiritual yang kuat. Keindahan seni bangunannya juga memiliki nilai sejarah tinggi sehingga tak salah jika pura ini juga kerap dikunjungi wisatawan. Suasana di sekitar pura yang begitu tenang bisa menjadi pilihan untuk beristirat dan menenangkan diri. Di sekitar pura juga terdapat hotel murah di Bali, yang bisa anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan akomodasi anda, seperti:

Refrensi:

  • http://candi.pnri.go.id/temples/deskripsi-bali-pura_taman_ayun
  • http://www.balitoursclub.com/berita_65_Taman_Ayun_-_Mengwi.html

Add a Comment

Your email address will not be published.