Melihat Lumba-Lumba Di Pantai Lovina

pantai-lovina-lumba-lumbaMasih akrabkah anda dengan nama Pantai Lovina? Pantai yang ada di Bali Utara ini sebenarnya telah ada dan booming sejak tahun 1950-an loh. Masih lupa-lupa ingat? Oke kita akan bahas pantai cantik yang terkenal dengan lumba-lumbanya ini. Nama Lovina berasal dari nama pondok peristirahatan yang dibangun oleh Anak Agung Pandji Tisna dan terdiri dari kata “Love” yang bermakna cinta dan “Ina” yang berarti ibu. Sehingga Lovina dapat diartikan sebagai cinta ibu ataupun cinta tanah air/ ibu pertiwi. Pondok Lovina dibangun Anak Agung Pandji Tisna tepat di tepi pantai dan ternyata cukup menarik teman-temannya yang dari Eropa untuk tinggal di sana. Apalagi tempat peristirahatan tersebut juga dilengkapi dengan restauran yang menghadap ke pantai. Hingga akhirnya tidak hanya teman yang menginap namun juga sejumlah wisatawan yang bertandang ke Bali. Lamban laun, pantai yang berlokasi tak jauh dari penginapan tersebut dikenal dengan nama Pantia Lovina.

Pantai-Lovina-BaliSayangnya ketikan kepopuleran pariwisata Bali semakin berkembang, Pantai Lovina tidak terlalu diangkat. Hanya daerah Kuta dan Sanur yang pertama kali dikembangkan. Hal ini didasarkan pada penamaan Lovina yang tidak mencerminkan Bali. Padahal Lovina telah memiliki sejumlah pelanggan setia. Penginapan Lovina pun juga ikut tutup yang semakin meredupkan nama Lovina. Namun sejumlah pihak akhirnya menuntut agar pariwisata di Pantai Lovina kembali dibuka. Hingga akhirnya membuat 6 desa yang tersebar dalam dua kecamatan, yaitu Kecamatan Buleleng dan Kecamatan Banjar, menjadi satu kawasan wisata yang tergabung dalam “Kawasan Wisata Kalibukbuk”.

pantai lovinaPantai Lovina bisa dibilang merupakan pantai yang unik di Bali. Bukan pada pemandangan alamnya namun pada aktivita yang bisa dilakukan wisatawan di pantai ini. Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya, Pantai Lovina terkenal dengan lumba-lumbanya yang hidup secara alami di sana. Jadi pengunjung bisa menyaksikan kehidupan dan atraksi lumba-lumba secara alami. Lumba-lumba ini telah ada di Pantai Lovina sejak lama namun kelestariannya tetap terjaga. Apalagi dengan keberadaan undang-undang yang semakin membuat masyarakat enggan untuk mengganggu ataupun menangkap hewan pintar tersebut. Karena hidup di alam liar, tidak sembarang waktu wisatawan bisa melihat atraksi lumba-lumba ini. Lumba-lumba Pantai Lovina hanya bisa disaksikan pada pagi hari, tepatnya pada antara pukul 06.00-08.000 pagi. Selain itu wisatawan juga perlu untuk menyewa perahu nelayan di sekitar pantai untuk membawa ke tengah laut dan menyaksikan para lumba-lumba yang asik berenang dengan santai smabil sesekali muncul ke permukaan laut.

pantalovinaAgar anda tidak perlu ribet kala melihat atraksi alami lumba-lumba ini sebaiknya menginaplah di hotel yang ada di sekitar Pantai Lovina. Karena jika anda menginap di sekitar Kuta anda perlu berangkat pagi-pagi, sekitar pukul 03.00 pagi, agar tak terlewat pertunjukan lumba-lumba. Keuntungan yang kedua, biasanya hotel sekitar Lovina telah bekerja sama degan nelayan setempat dengan menyediakan aktivitas melihat lumba-lumba di pagi hari sebagai atraksi hotel. Jadi anda tidak perlu lagi untuk mencari dan menyewa perahu nelayan sendiri. Selain itu penting juga untuk memperhatikan cuaca karena lumba-lumba hanya akan muncul saat cuaca hangat dan juga cerah. Karenanya waktu yang terbaik untuk melihat lumba-lumba di Lovina adalah bulan April hingga September dengan persentase kemunculan sekitar 90%.

Pantai-Lovina-Bali-2Kemunculan lumba-lumba biasanya berbarengan dengan terbitnya matahari pagi dari ufuk timur. Jadi dalam satu waktu dan satu tempat, anda bisa menyaksikan dua pemandangan yang begitu menakjubkan. Puas menikmati atraksi lumba-lumba anda bisa berjalan-jalan menikmati suasana pagi yang tenang di pasir pantainya yang meski berwarna hitam namun terasa lembut di kaki. Selain itu anda juga bisa melakukan olahraga air seperti jet ski ataupun berperahu dengan aman karena ombaknya yang tenang. Pemandangan alam bawahlaut Lovina juga cukup menarik untuk dijelajahi. Anda bisa menyelam dan melihat beragam ikan dan terumbu karang warna-warni yang hidup dengan tenangnya diperairan Lovina. Yuk jelajahi keindahan Pantai Lovina sambil melihat atraksi lucu lumba-lumba di perairan luas.pasir pantai lovina

Refrensi:

http://www.wisatamurahbali.info/pantai-lovina-yang-kembali-berjaya/

Add a Comment

Your email address will not be published.