Belajar Sejarah Di Taman Pahlawan Margarana

Puputan2Indonesia pernah mengalami masa kelam ketika para pembeli rempah mereka berbalik menjajah dan mengeksploitasi segala yang dimiliki negeri ini. Berbagai perlawanan dari seluruh rakyat nusanta, berusaha untuk membebaskan bangsa ini untuk kehidupan yang lebih baik bagi generasi selanjutnya. Masing-masing daerah di Indonesia, harus menghadapi perang secara habis-habisan hingga memiliki istilah-istilah tertentu. Misalnya saja Bandung lautan api, ketika sebagian wilayah Bandung terpaksa harus dibumihanguskan agar tidak dikuasai penjajah. Ada pula pertempuran 10 Nopember yang terjadi di Surabaya antara Arek-Arek Suroboyo melawan Inggris. Nama perang ini diambil dari waktu terjadinya perang tersebut. Rakyat Bali pun melakukan hal yang sama dengan pertempurannya yang disebut dengan Perang Puputan.

taman-pahlawan-margaranaKini untuk mengenang perang tersebut, tidak hanya dibangun Monumen Bajra Sandhi, namun juga dibuatlah Taman Pahlawan Margarana atau yang juga disebut dengan Monumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana. Dibangunnya monumen ini untk mengenang perang puputan Margarana yang berlangsung pasca kemerdekaan Indonesia, yakni pada tanggal 20 November 1946. Kala itu pasukan Divisi Sunda Kecil yang dipimpin oleh Kolonel I Gusti Ngurai Rai harus melawan pasukan Belanda yang ingin kembali berkuasa di Indonesia. Namun sayangnya dalam perang tersebut, seluruh pasukan I Gusti Ngurah Rai mengalami kekalahan hingga Belanda berhasil mendirikan Negara Indonesia Timur.

nisan i gusti ngurah raiMonumen Nasional Taman Pujaan Bangsa Margarana berada di Di Desa Kelaci, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan dan dibangun pada tahun 1954. Monumen yang berjarak sekitar satu jam perjalalanan atau sejauh 35 km dari Kuta ini diresmikan bukan hanya sebagai monumen namun juga sebagai makam pahlawan dengan nama Taman Pahlawan Pujaan Bangsa oleh Pemerintah Pusat. Kurang lebih ada sekitar 1.342 nisan pahlawan perang kemerdekaan yang dinakamkan di taman makam pahlawan dengan luas mencapai 25 hektar ini, termasuk makam dari I Gusti Ngurah Rai

OLYMPUS DIGITAL CAMERAPembangunan monumennya sendiri mengusung konsep Tri Mandala guna mencapai keseimbangan. Konsep ini terdiri dari hulu, tengah, dan hilir. Pada bagian hulu anda bisa menjumpai Taman Bahagia yang berisikan ribuan nisan, termasuk nisan dari para pahlawan perang yang tak dikenal atau tanpa identitas. Sedangkan di bagian tengah merupakan kompleks bangunan suci bernama Taman Pujaan Bangsa. Di dalam bangunan seluas 4 hektar ini terdapat beberapa bangunan seperti Candi Pahlawan Margarana. Di candiatau tugu tersebut, terpahat jawaban surat berangkai I Gusti Ngurah Rai kepada Overste Termeleun, pemimpin Belanda kala itu. Dalam surat tersebut tergambar jiwa patriotisme dan nasionalisme mayarakat Indonesia pada umumnya dan Bali pada khususnya yang menolak tunduk kepada NICA. Candi Pahlawan Margarana memiliki tinggi 17 meter dengan atap bertingkat atau tumpang berjumlah delapan dan pondasi berbnetuk persegi lima yang melambangkan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia. Selain candi juga terdapat Taman Pujaan Bangsa atau yang juga dikenal dengan Taman Seni Budaya. Di taman ini terdapat wantilan dan warung kopi.

taman pujaan bangsaAda pula gedung sejarah yang berada di sebelah timur Candi Pahlawan Margarana. Gedung ini berfungsi sebagai museum guna menyimpan berbagai benda peninggalan masa perang, mulai dari senjata rampasan, alat komunikasi, alat medis, alat penyamaran, dan peralatan lainnya. Sedangkan di bagian hilir atau bagian depan anda bisa melihat pelataran upacara dengan dua balai peristirahatan utnuk pada pengunjung yang ingin bersantai. Di bagian yang disebut dengan Taman Karya Alam ini tampak Patung Panca Bakti sebagai simbol sikap persatuan dan kesatuan seluruh rakyar dalam mempertahankan kemerdekaan. Di taman ini juga akan dibangun bumi perkemahan remaja.

taman pahlawan margaranaAnda yang ingin mengenalkan sejarah kepada anak-anak anda dan mengajak mereka mengenang para pahlawan yang telah berjasa bisa datang ke taman pahlawan yang berjarak 25 km dari kota Denpasar ini. Atau usai anda berkunjung ke Bedugul bisa mampir ke taman pahlawan ini. Jika anda membutuhkan penginapan, anda bisa menggunakan hotel murah di Bali, seperti:

Refrensi:

  • http://www.baliwisatamurah.com/tentang-bali/obyek-wisata/taman-pahlawan-margarana.php
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Puputan_margarana
  • http://bali.panduanwisata.id/spot-wisata/menginjakkan-kaki-di-taman-margarana/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *