Pesona Di Sekitar Pantai Perancak

pantai perancakJalan-jalan ke pantai di Bali memang tidak ada habisnya karena Bali memiliki sejuta pesona pantai. Mulai dari yang lokasinya strategis dan ramai pengunjung hingga yang lokasinya “nyempil” tak terjangkau wisatawan. Namun masing-masing dari pantai ini memiliki keunikan dan pesonanya sendiri. Masing-masing daerah di Bali pun juga memiliki pantainya masing-masing. Nah, di kawasan Jembrana, yang umumnya memiliki pantai berpasir hitam, ada sebuah pantai yang menawarkan pemandangan kampung nelayan dan juga tempat penangkaran penyu. Pantai bernama Pantai Perancak ini berada di Desa Perancak, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana. Pantai Perancak memiliki alam yang masih asri dan indah. Lokasinya juga tak terlalu jauh dari hotel murah di Bali yang ada di kota Negara sehingga wisatawan yang menginap di sana bisa mendatangi pantai ini.

Perahu-Nelayan-di-Pantai-Perancak-NegaraDaya tarik utama Pantai Perancak adalah kehidupan para nelayan yang ada di sekita pantai. Jajaran warna-warni perahu nelayan yang ada di bibir pantai menjadi obyek yang bagus untuk kamera anda. Selain itu, anda juga bisa melihat kehidupan masyarakat Perancak yang pekerjaan utamanya sebagai nelayan, mulai dari mereka pulang melaut hingga saat mereka mengolah hasil tangkapan mereka. Di sore hari anda bisa menyaksikan para nelayan yang bersiap untuk kembali memburu ikan di laut. Banyaknya nelayan yang ada di Desa Perancak, membuat desa ini menjadi lokasi perlombaan sampan dayung tradisional yang bertempat di Pantai Perancak. Biasanya lomba ini masuk dalam rangkaian acara peringatan hari ulang tahun kota Negara atau pada tanggal 20 Juli.

sirkuit perancakSelain menjadi lokasi lomba sampan dayung tradisional, tak jauh dari Pantai Perancak juga ada sirkuit motor cross dan road race. Sirkuit ini bahkan merupakan sirkuit motor cross nasional dan sering dijadikan tempat perlombaan motor cross dan road race nasional. Nama sirkuit ini juga Sirkuit Perancak dan dilengkapi dengan taman yang indah. Sirkuit ini begitu ramai dikunjungi wisatawan dan penggemar olahraga motor cross ataupun road race kala perlombaan berlangsung. Pantai Perancak juga dekat dengan lokasi pusat Riset Teknologi Kelautan milik stasiun bumi NOAA atau National Oceanic and Atmospheric and Administration. Pusat riset ini berfungsi untuk melihat titik mana yang menjadi pusat ikan berkumpul melalui satelit. Tak jauh dari lokasi pusat Riset Teknologi Kelautan ini terdapat hamparan hutan bakau yang melindungi pantai dari abrasi.

kurma asihPantai Perancak juga menjadi lokasi yang tepat bagi anda untuk melihat penangkaran penyu. Bahkan Perancak menjadi lokasi sarang penyu terbanyak di Bali dibandingkan di Serangan dan Tanjung Benoa. Tempat penangkaran dan pemeliharaan penyu di Perancak bernama Kurma Asih dan telah ada sejak 11 Juni 1997. Penangkaran ini bahkan telah bekerja sama dengan World Wildlife Fund, yakni lembaga konservasi internasional non pemerintah. Penyu-penyu yang bisa anda temui di Perancak adalah penyu hijau, penyu belimbing, penyu lekang, dan penyu sisik. Di sini anda bisa melihat bagaimana proses pengembangbiakan penyu hingga lahirlah tukik-tukik kecil yang lucu. Anda pun bisa ikut berpartisipasi dalam pelepasan tukik ke laut. Biasanya dilakukan pada saat bulan April dan September yang merupakan bulan-bulan penyu bertelur. Melalui kelompok Kurma Asih, masyarakat sekitar menyelamatkan dan melestarikan para penyu tersebut dengan merelokasi telur-telur penyu untuk selanjutnya dilepaskan kembali ke habitatnya.

pelepasan tukikDi sore hari, sambil melihat para nelayan bersiap melaut, anda juga bisa menikmati pemandangan matahari sore. Sinar jingga matahari terpantul dari air lautnya yang jenih. Nampak siluet perahu nelayan di air memberikan pemandangan yang eksotis. Meski lokasinya terpencil dan tak setenar pantai di Bali lainnya, namun pesona yang ditawarkan Pantai Perancak tak kalah indah dan penuh warna. Jadi kala anda ke Bali, jangan lewatkan untuk berkunjung ke pantai ini juga. Untuk akomodasi yang bisa anda gunakan misalnya:pantai perancak

Refrensi:

  • http://e-kuta.com/blog/tempat-wisata/jalan-jalan-ke-perancak-jembrana.htm
  • http://panduanwisata.id/2015/02/06/ada-hamparan-perahu-nelayan-di-bibir-pantai-perancak/

Add a Comment

Your email address will not be published.