Senangnya Berbelanja Di Pasar Sukawati

pasar-seni-sukawati (1)Sebagai daerah dengan sejuta tempat wisata dan berbagai hotel murah, Bali juga menawarkan surga belanja yang patut anda datangi. Bahkan belanja merupakan tujuan utama ke Bali yang disusul dengan tujuan wisatannya. Oleh karenanya, penting bagi anda untuk mengetahui berbagai tempat belanja di Bali. Salah satu tempat yang paling ramai dikunjungi untuk keperluan berbelanja adalah pasar sukawati. Pasar Sukawati merupakan pasar seni yang sangat terkenal hingga ke penjuru dunia. Jika anda pandai memilih dan menawar, anda bisa mendapatkan barang-barang dengan kualitas terbaik dengan harga miring.

sukawati_1Lokasi pasar yang terletak di desa Sukawati, Gianyar, menjadi alasan penamaan pasar ini. Dari Denpasar anda bisa ke pasar ini dalam waktu 45 menit atau sekitar 30 km. Namun jika dari pantai kuta, anda cukup menjangkaunya dalam waktu 30 menit. Kini ada tiga pasar seni sukowati, yakni pasar sukowati 1, 2 dan 3. Namun pasar sukowati 1 lebih sering dikunjungi karena lebih lama berdiri. Jika anda ingin melanjutkan belanja ke pasar sukowati 2 dan 3, anda tidak perlu khawatir karena ketiga lokasi pasar tersebut berdekatan. Selain itu lokasi pasar ini juga cukup strategis karena berdekatan dengan beberapa penginapan dan hotel di bali, seperti:

11Pasar seni Sukawati menyediakan berbagai jenis barang mulai dari pakaian hingga barang kerajinan. Namun barang kerajinan lebih mendominasi pasar ini. Untuk pakaian, anda bisa menemukan berbagai jenis pakaian, mulai dari pakaian formal hingga pakaian ke pantai. Bahkan anda bisa menemukan Batik Cap Galuh yang merupakan batik dengan motif khas Bali di pasar ini.

Jam operasional pasar sukawati mulai dari pukul 10.00-17.00 WITA untuk pasar seninya. Sedangkan untuk pasar lokalnya mulai dari pukul 08.00-15.00. Selain menyediakan barang-barang seni, berbelanja di pasar sukowati juga membutuhkan seni. Ada beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika anda berbelanja ke pasar seni sukowati.

1. Berbelanjalah ketika pasar baru buka

Dalam kepercayaan Bali, ketika toko baru buka dan ada pembeli, maka uang yang pertama kali mereka peroleh akan membawa rezeki. Sehingga ketika anda berbelanja pada saat toko baru buka, anda akan lebih mudah untuk menawar dengan harga yang sangat miring.

tb-pasar-seni-sukawati2. Berusahalah akrab dengan penjual

Kedekatan itu mempengaruhi banyak hal, termasuk dalam berbelanja. Meskipun kita tak mengenal penjual, kita tetap bisa tetap dekat dengan mereka. Caranya dengan memanggil mereka “mbok” untuk perempuan dan “bli” untuk laki-laki. Dengan panggilan akrab ini anda bisa mendapatkan barang impian anda dengan harga lokal bukan harga wisatawan. Menyenangkan bukan đŸ™‚

sukawati1-610x2553. Survei Harga

Jika ingin mendapatkan harga murah, anda harus rela untuk lelah. Tidak hanya lelah menawar, tapi anda juga harus rela lelah berkeliling. Tujuannya, selain melihat barang-barag di berbagai sudut pasar, anda juga bisa survei harga. Hal ini perlu untuk refrensi menawar dan mendapatkan harga murah. Namun usahakan jangan dulu terjadi kesepakatan harga. Karena jika sudah terjadi kesepakatan harga dan anda tidak membeli, akan mengecewakan penjual. Ingat, Bali masih kental dengan mitosnya. Jadi anda perlu untuk menjaga etika anda, termasuk etika berbelanja.

4. Tawar dengan Gila-Gilaan

Anda sudah mendapatkan referensi harga bukan? Kini saatnya bagi anda untuk mulai menawar. Jangan ragu untuk menawar hingga ke seperempat harga yang diajukan penjual. Selain kemampuan negosiasi yang baik, dalam proses tawar-menawar ini anda juga harus tega. Jika anda beruntung, anda bisa mendapatkan barang impian anda hanya dengan sepersepuluh harga yang diajukan. Asik bukan.

pasar-seni-sukawati5. Borongan

Jika anda tidak berhasil menawar dalam bentuk satuan, belanja  borongan bisa menjadi pilihan anda. Jika kebetulan anda berbelanja dengan teman atau harus membawa oleh-oleh untuk banyak orang, belanja borongan bisa menjadi pilihan anda. Dengan belanja borongan, kemungkinan untuk mendapatkan barang dengan harga lebih murah akan semakin besar. Anda tinggal janjian dengan teman membeli barang apa yang sama, dan tawarlah dengan kuantitas barang yang anda beli. Misalnya jika satu kaos harganya 50.000, anda bisa menawar tiga kaos dengan harga 75.000.

Demikianlah sekilas tentang pasar sukawati dan beberapa tips yang semoga bisa membantu anda ketika berbelanja di sana. Selamat berbelanja…

Refrensi:

  • http://www.artikelwisatabali.com/pasar-sukowati-bali-tempat-belanja-murah-barang-seni-di-bali/
  • http://ansertravel.com/4-tips-berbelanja-di-pasar-seni-sukowati-bali/
  • http://www.rentalmobilbali.net/pasar-sukawati/

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *