Tentang Batik Cap Galuh

11Batik merupakan kain dengan corak yang terang dan menarik. Berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis dan “nithik” yang berarti membuat tiitk, Batik kini menjadi warisan budaya Indonesia yang telah diakui dunia. Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki corak batik yang khas. Salah satunya Batik Cap Galuh yang berasal dari Bali. Berlokasi di Jalan Raya Batubulan, Gianyar, Bali, pusat kerajinan Batik Galuh ini tidak hanya menawarkan batik dengan berbagai warna, namun art shopnya juga cocok digunakan untuk berfoto. Dengan bangunan berkarya seni tingkat tinggi khas Bali, lokasi-art shop tersebut juga dipercantik dengan warna-warni bunga dalam taman bergaya Bali yang menyatu dengan sempurna. Mengunjungi art shop ini membuat anda akan senantiasa mengenang Bali.

14686789209_0a4a61065c_oBapak Pande Ketut Krishna adalah orang yang pertama kali mendirikan Pertenunan Batik Cap Galuh pada tahun 1976. Bertempat di Banjar Tegehe, Desa Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali, pusat batik ini hanya dikerjakan oleh Bapak Pande dengan saudara-saudaranya pada awal berdiri. Dengan 5 (lima) buah Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM), Pertenunan Batik Cap GALUH melaksanakan awal kegiatan produksinya.

S4031177Dengan tekad kuat dan harapan ingin maju, Bapak Pande mengembangkan usaha pertenunannya hingga perusahaan yang dikelolanya berkembang pesat seperti saat ini. Hingga akhhirnya di tahun 1986 Departemen Perdagangan memberikan ijin usaha Pertenunan Batik Cap GALUH dengan no. SIUP. 118/2204/PM/VI/86 dan terdaftar sebagai wajib pajak dengan NPWP: 4.139.244.0-58. Dan saat ini Pertenunan Batik Cap GALUH telah mempunyai 32 buah ATBM. Mutu dan desain dari produk yang dihasilkan senantiasa dijaga dan lebih diutamakan. Hingga akhirnya konsumen pun senantiasa memberikan respon yang sangat positif. Hal ini dapat dilihat dari laris manisnya produk tenun Batik Cap GALUH, baik di pasar dalam maupun di luar negeri.

dsc_00311Pertenunan Batik Cap Galuh ramai dikunjungi wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara di setiap harinya. Pertenunan Batik Cap Galuh menyediakan berbagai macam jenis batik Galuh, mulai dari kemeja batik pria, kemeja batik wanita, sandal dengan motif batik, berbagai model tas batik, souvenir, hingga kerajinan dari kayu dan patung dengan motif Batik Galuh.

Batik-galuh-bali-rental-mobil-bali1Selain lokasinya yang cantik untuk berfoto, area parkirnya pun luas. Hal ini akan semakin memberikan kenyamanan bagi anda ketika berbelanja. Selain itu anda juga akan disambut oleh para pelayan yang ramah dan bersedia menjelaskan berbagai motif khas Batik Galuh. Sehingga anda akan semakin leluasa dalam memilih ketika berbelanja.

batik_galuh_baliJika anda tidak sempat mengunjungi art shop di jalan Batubulan, anda bisa mendapatkan koleksi Batik Cap Galuh di kawasan wisata Kuta, kawasan wisata Nusa Dua, dan beberapa kota di luar Bali, seperti Ujung Pandang, Jakarta dan Surabaya. Selain di dalam negeri, pemasaran Batik Cap Galuh telah mencapai pasar Internasional, seperti Eropa, Malaysia, Jepang hingga Amerika.

Apabila anda membutuhkan penginapan yang berdekatan dengan Pertenunan Batik Cap Galuh, anda bisa memanfaatkan beberapa hotel murah di Bali, seperti:

Refrensi:

  • http://galuhbali.wordpress.com/page/2/
  • http://batikgaluh.com/
  • http://www.pergiberwisata.com/batik-galuh.htm

Add a Comment

Your email address will not be published.