Santai Sejenak Di Tanah Wuk

tanah-wuk1Bali memang dianugerahi dengan alam yang begitu indah. Apalagi adat dan budaya yang dianut masyarakat Bali mendukung proses pelestarian alam Bali sehingga julukan Bali  sebagai Pulau Dewata masih terus melekat hingga kini. Alam dengan pemandangan hijau yang menyejukkan masih bisa dijumpai dengan mudah. Hamparan sawah berundak dengan irigasi peninggalan masa purba masih lestari. Begitu pula dengan alam bawah lautnya yang mempesona masih bisa dinikmati. Hamparan pemandangan perbukitan hijau tidak hanya bisa dijumpai di daerah Ubud saja. Masih ada tanah di Bali yang juga memberikan suasana yang sama dengan udara yang tak kalah sejuk. Salah satunya adalah Tanah Wuk yang berlokasi di Banjar Gerana, Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Badung.

Tanah-WukWisata ke Tanah Wuk bisa menjadi alternatif pilihan wisata di Bali. Anda yang sedang merasa jenuh dengan semua rutinitas bisa menyepi dan santai sejenak di taman ini. Lokasinya hanya berjarak 1.5 km di sebelah utara Hutan Monyet Sangeh. Jika dari Denpasar, dibutuhkan waktu sekitar 50 menit berkendara untuk bisa sampai di Tanah Wuk. Lokasi Tanah Wuk yang berada di lembah sungai Yeh Penet membuat tempat ini nampak tersembunyi. Apalagi dari jalan raya utama masih harus menempuh jarak 500 meter untuk ke Tanah Wuk membuat tempat ini jauh dari keramaian. Suasana desa yang kental akan menyapa anda begitu tiba di taman seluas 3 hektar ini. Dengan lokasinya tersebut, Tanah Wuk menjadi tempat yang cocok sekali bagi anda yang ingin menenangkan diri. Suasana bersantai semakin lengkap dengan pemandangan hijau yang terhampar nampak begitu menyejukkan mata. Bagi anda yang sedang mencari ide untuk menulis ataupun melukis, Tanah Wuk bisa menjadi salah satu pilihan untuk menemukan ide-ide segar. Atau jika anda ingin bermeditasi, ketenangan yang ditawarkan Tanah Wuk, patut anda  pertimbangkan.

tanah-wuk2Hamparan sawah yang menghijau, tidak hanya menjadi lokasi penduduk sekitar mencari nafkah namun juga memiliki nilai wisata tinggi. Selain area persawahan, Tanah Wuk juga dihiasi dengan sejumlah tanaman tropis yang ditata rapi. Dari kejauhan, anda juga bisa menyaksikan gugusan perbukitan dan lembah hijau dengan pohon nyiur-nyiur yang melambai-lambai semakin menambah kesejukan di sekitar taman. Anda juga bisa menikmati pemandangan aliran Sungai Yeh Penet yang jernih. Tempat ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk berlibur bersama keluarga dan menikmati waktu bersantai bersama. Anda pun bisa mengenalkan alam kepada buah hati anda. Para pasangan bisa saling mencurahkan perasaan masing-masing dengan dikelilingi suasana sejuk nan hijau. Anda pun bisa menikmati segarnya sungai Yeh Penet dengan menuruni ratusan anak tangga untuk ke sana.

Pemandangan-asri-di-Tanah-WukFasilitas yang ada di Tanah Wuk, seperti Bale Bengong atau gazebo dan area parkir yang luas semakin melengkapi waktu bersantai anda. Ada pula restoran yang bisa anda tuju kala perut mulai keroncongan. Ada menu khas yangpatut anda coba kala anda ke sini, yakni sate dengan nasi sela. Dalam bahasa Bali sela berarti ketela sehingga nasi sela adalah nasi putih yang dicampur dengan ketela. Biasanya ketela yang digunakan adalah ketela rambat. Makan pun semakin lahap dengan ditemani pemandangan hijau dan suasan sejuk di sekitar Tanah Wuk. Jadi jika anda bosan kala berwisata ke pantai selama di Bali, anda bisa mencoba bersantai di Tanah Wuk.

Refrensi:

  • https://alambali.wordpress.com/2009/03/15/tanah-wuk/
  • http://wisata.balitoursclub.com/tanah-wuk-dan-sungai-yeh-penet

Add a Comment

Your email address will not be published.