Menikmati Bebek Goreng di Bebek Bengli, Ubud

captionSelain berbagai potensi wisatanya, Bali juga terkenal dengan keanekaragaman makanan yang menggugah selera. Namun bagi anda yang muslim, tentu perlu untuk berhati-hati dalam memilih makanan ketika berada di Bali. Kali ini kami akan membahas mengenai restoran Bebek Bangli yang bisa menjadi pilihan bagi anda dalam mencari restoran yang menyediakan menu halal. Restoran yang berada di jalan Jalan Hanoman, Padang Tegal, Ubud, Bali ini telah beroperasi sejak tahun 1990 dia atas lahan seluas 3500 m2. Restoran ini berdekatan dengan Hutan Monyet Ubud sehingga bisa menjadi restoran alternatif usai mengunjungi tempat wisata tersebut.

agung-raka-sueniRestoran bebek Bengil didirikan oleh Anak Agung Raka Dalem yang kemudian dikelola oleh istrinya, Agung Raka Sueni, pada tahun 2003 karena kematiannya. Restoran Bebek Bengil dapat anda tempuh dengan berkendara selama satu jam dari Bandara Ngurah Rai, Denpasar atau hanya 2 menit berkendara dari pusat Ubud. Di awal berdirinya, restoran ini tidak menyediakan menu bebek karena pengolahannya yang rumit. Baru kemudian, ketika mereka mendapat tamu sekawanan bebek dari sawah di seberang jalan, mereka mulai terpikir untuk menjual menu bebek.slide1

slide3 Bebek yang digunakan dalam restoran ini berasal dari bebek lokal di daerah sekitar Ubud. Namun awalnya bebek yang digunakan berasal dari peternakan milik teman-teman Raka Dalem. Untuk satu porsi menggunakan separuh ekor bebek. Kemudian bebek tersebut direbus selam 3-4 jam. Selanjutnya bebek diremdam dalam campuran bumbu-bumbu. Setelah 12 jam, beberk ditiriskan dan digoreng hingga coklat kekuning-kuningan dengan kulit yang kelihatan kering dan renyah. Proses yang lama ini menghasilkan daging bebek yang gurih hingga bagian dalam. Bahkan kerenyahan ini hingga ke tulangnya yang paling kecil dan dapat dikunyah. Resep ini diperoleh Raka Dalem berdasarkan resep keluarga. Dan menu ini telah ada sejak awal berdiri namun dengan nama dirty duck “bebek bengil”. Bebek goreng  ini kemudian disajikan dengan nasi putih lengkap dengan sambal mentah dan lawar yang ditempatkan ditempat terpisah.

bebek-bengil-jakarta-13 0203Bebek_Bengil_TWSPartners_15102009jp-Selain menu nasi putih dengan dirty duck “bebek bengil” yang menjadi andalan, di restoran ini juga menyediakan bebek bengil crispy chicken yang merupakan inovasi dari dirty duck “bebek bengil”. Ada pula payudara tender lemon chicken dan nasi campur bali. Untuk hidangan pembuka, anda bisa mencoba Bali Sate Lilit Platters (ayam, ikan dan bebek), Cumi Goreng Bumbu Bali, atau pun Duck Spring Roll. Berbagai minuman juga tersedia di sini mulai dari soft drink, aneka juice, hingga minuman beralkohol. Harga yang ditawarkan mulai dari 90ribu-an hingga ratusan ribu. Namun harga tersebut sebanding dengan kelezatannya. Terbukti, restoran ini kerap menjadi jujukan orang-orang penting, seperti Menteri pendidikan, Ibu Megawati, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono dan berbagai utusan Luar Negeri lainnya.

bebek-bengil-ubud-18Jika anda sedang menginap di hotel di Bali seperti: Novus Taman Bebek VillaChamplung Sari Hotel atau pun Agung Raka Bungalows dapat mencicipi bebek goreng khas bebek bengil ini. Restoran yang buka mulai pukul 10.00 hingga 23.00 ini juga membuka dua cabang di bali, yakni di nusa dua yang berdekatan dengan hotel Grand Hyatt Bali dan Ocean Blue Hotel dan GWK yang berdekatan dengan hotel Harris Bukit Jimbaran dan MaxOneHotels.com at Bukit Jimbaran. Selain di Bali, bebek bengil juga membuka cabang di jakarta yakni di Jalan H. Agus Salim No: 132 Menteng, Jakarta. Restoran ini juga dekat dengan beberapa hotel di Jakarta seperti Mandarin Oriental dan Hotel Indonesia Kempinski.

Refrensi:

  • http://www.water-sport-bali.com/bebek-bengil-ubud/
  • http://bebekbengil.com/

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *