Pasar Kumbasari, Pasar Tradisional Terbesar dan Terlengkap Di Denpasar

SONY DSCSebagai daerah yang memiliki banyak potensi wisata, Bali juga memiliki banyak tempat belanja yang akan meudahkan anda dalam berbelanja oleh-oleh. Bahkan pasar tradisional di Bali juag menarik untuk dikunjungi. Dan bukan hanya pasar Sukawati yang menjadi surga belanja, pasar seni kumbangsari pun layak untuk anda datangi. Jika pasar Sukawati adalah pasar terbesar di Gianyar, maka pasar seni Kumbangsari merupakan pasar terbesar di Denpasar. Bahkan pasar tradisional ini buka selama 24 jam. Benar-benar surga belanja bagi para shopper.

area aprkirPasar yang berada di Jalan Gadjah Mada, sebelah barat Kota Denpasar ini termasuk dalam rangkaian Pasar Inpres serta berdampingan dengan Pasar Badung. Dari Bandar udara Ngurah Rai, pasar seni kumbangsari hanya berjarak sekitar 13 km. Pasar ini mulai dibangun pada tahun 1977 di lahan seluas 6.230 meter². Tahun 2000 terjadi kebakaran di pasar ini dan direnovasi kembali pada tahun 2001. Bangunan pasar didesain dengan arsitektur dan berbagai ornamen khas Bali. Terdapat tukad Badung yang memisahkan pasar ini dengan pasar Badung. Tukad ini merupakan tempat melintas bagi pasukan Belanda dari Pemecutan ke Denpasar ketika peristiwa perang Puputan Badung, tepatnya pada tanggal 20 September 1906. Untuk berbelanja di pasar ini, telah ditambahkan area parkir yang luas yang berada di selatan pasar. Sehingga akan semakin memudahkan anda ketika berbelanja.

pasar-kumbasari (1)Karena buka 24 jam, pasar ini terbagi atas dua sesi. Berbagai kebutuhan pokok tersedia pada pagi hari. Sedangkan pada malam hari pasar ini menjadi pasar malam atau pasar senggol yang menyediakan berbagai cindera mata dan kerajinan khas Bali, seperti Batik Bali, berbagai kerajinan perak, Lukisan, Aksesoris dan pernak-pernik khas Bali, serta Tenun Ikat Bali. Aneka jajanan pasar yang murah meriah juga bisa anda temukan di sini. Anda juga bisa menemukan berbagai kerajianan dari pulau Lombok di pasar ini.

pasar-kumbasari4Harga yang ditawarkan juga cukup murah, asalkan anda ulung dalam menawar. Layaknya berbelanja di Pasar Sukawati, anda harus berani menawar. Apalagi jika anda berbelanja ketika pedagang baru menggelar dagangan, anda bisa menjadi pelaris bagi mereka. Sehingga mereka akan memberikan barang yang anda inginkan berdasarkan tawaran anda.

pasar-kumbasari2Bangunan pasar seni kumbangsari terdiri atas empat lantai dengan kios sejumlah 295. Selain itu juga masih terdapat 1363 los, 495 pedagang berjualan di pelataran dan 7 kios yang dibangun sendiri oleh pedagang di atas tanah kosong yang masih dalam kawasan pasar.

Untuk kebutuhan pokok berada di lantai dasar. Mulai dari beras, sayur, bumbu hingga rempah-rempah bisa anda temukan di sini. Di lantai dua khusus menjual aneka pakaian Bali, bed cover, daster, kebaya, hingga aneka hasil tenun kain endek dari berbagai daerah di pulau dewata. Untuk aksesoris bisa anda temukan di lantai tiga. Anda juga bisa menemukan berbagai kerajinan masyarakat lokal, seperti patung, lukisan, ukira, sandal, sepatu, hingga tas wanita. Dan di lantai atas anda bisa menemukan berbagai kerajinan dari bahan kerang, kertas, dan yang lainnya. Jika anda ingin belanja grosir, maka pasar ini adalah tempat yang tepat. Sehingga kemungkinan anda untuk mendapatkan harga yang lebih murah semakin terbuka lebar.pasar-kumbasari3

Yang lebih menyenangkan lagi, pasar ini juga berdekatan dengan banyak penginapan dan hotel di bali seperti:

Hotel-hotel ini bisa menjadi pilihan akomodasi bagi anda sehingga akan membuat kegiatan belanja anda menjadi lebih mudah.

Refrensi:

  • http://bali.panduanwisata.id/spot-wisata/berkunjung-ke-pasar-tradisional-terbesar-denpasar-kumbasari/
  • http://www.balitoursclub.com/berita_143_Pasar_Seni_Kumbasari.html

Add a Comment

Your email address will not be published.