Tegenungan, Wisata Air Terjun Di Dataran Rendah

air-terjun-tegenungan4Jika selama ini anda menemukan air terjun berada di pegunungan dengan suasananya yang sejuk, tidak halnya dengan air terjun Tegenungan. Air terjun yang juga dikenal dengan nama air terjun Kemenuh ini berada di dataran rendah berjarak beberapa kilometer saja dari pesisir pantai. Air terjun Tegenungan terletak di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Letaknya yang berdekatan dengan pasar sukowati, membuat air terjun ini patut untuk masuk dalam daftar tempat yang akan anda kunjungi sebelum berwisata ke Denpasar.

tegenungan3Untuk masuk ke tempat wisata ini, anda akan dikenakan biaya Rp 4.000 bagi dewasa dan Rp 2.000 bagi anak-anak. Tiket masuknya berdekatan dengan tempat parkir. Ketika anda tiba di tempat parkir, tampak beberapa tempat makan yang berjejer di sepanjang bibir tebing. Dari sini anda sudah bisa melihat keindahan air terjun Tegenungan. Bahkan aliran sungai sebelum dan sesudah air terjun dapat anda saksikan. Suara gemuruh air terjun juga dapat anda dengarkan dari tempat parkir. Sawah-sawah penduduk yang membentang luas dan deretan pohon-pohon kelapa merupakan keindahan lain yang ditawarkan air terjun ini. Nampak sekali keadaan alam di sekitar air terjun yang masih alami.

sekitar air-terjun-tegenunganUntuk sampai ke air terjun, anda harus menuruni anak tangga yang mencapai 150-an anak tangga sebelum akhirnya menyusuri tepian Sungai Tukad. Anak tangga ini dibuat permanen demi menjaga keselamatan pengunjung. Untuk menuju air terjun, anda dapat berjalan dari batu ke batu yang lain. Bahkan anda juga harus melalui tebing yang licin. Jadi anda perlu untuk berpegangan pada seutas tali ketika melewati jalur ini.

Tinggi air terjun Tegenungan ini memang hanya 4 m. Namun dengan debit airnya yang cukup banya membuat air terjun ini tampak lebih lebar dibandingkan air terjun pada umumnya. Apalagi kontur-kontur bebatuan yang berada di puncak atau pun disekitar jatuhnya air terjun semakin menambah keunikan air terjun tersebut. Banyak yang menyebutkan bahwa jatuhnya air terjun tersebut berbentuk bunga. Tentunya dengan mengunjungi air terjun Tegenungan, anda dapat menilai sendiri.

pancoran-air-terjun-kemenuhSelain air terjun anda juga dapat mandi di pemandian dan pancuran yang berada di sana. Masyarakat setempat menggunakan air tersebut untuk mandi dan keperluan sehari-hari. Jika anda pecinta fotografi, sebaiknya mendatangi air terjuan Tegenungan ini pada siang atau sore hari. Hal ini dikarenakan air terjun ini menghadap ke barat sehingga cahaya yang masuk ke kamera akan berlebihan.

air-terjun-tegenunganPuas bermain air dan berfoto di air terjun Tegenungan, waktunya untuk kembali pulang. Di sini kekuatan stamina anda diuji untuk menaiki anak tangga. Namun keberadaan warung makan di atas tebing cukup untuk mengobati kelelahan anda. Sayangnya dari semmua keindahan dan fasilitas yang ditawarkan air terjun ini membuat lingkungan di sekitar menjadi rusak. Jadi ketika mengunjungi tempat wisata ini, jangan lupa untuk menjaga kebersihan tempat ini ya.. Paling tidak dengan tidak membuang sampah sembarangan. Oh iya, jika anda membutuhkan tempat menginap, ada banyak pilihan hotel murah di Bali yang bisa anda gunakan, seperti:

Komaneka Tanggayuda

The Chedi Club at Tanah Gajah

Anulekha Resort and Villa

Wapa di Ume Resort & Spa

Refrensi:

  • http://fantasticbali.com/tempat-wisata/air-terjun-tegenungan.htm
  • http://www.rentalmobilbali.net/air-terjun-tegenungan/
  • https://sites.google.com/site/wisataairterjun/bali/air-terjun-kemenuh—gianyar
  • http://www.wisatabali.info/2014/04/air-terjun-tegenungan-bali.html

Add a Comment

Your email address will not be published.