Keindahan Pantai Uug, Nusa Penida

Pantai PASIH UUG BesarSiapa sangka selain Bali, pulau-pilau kecil yang ada disekitarnya juga menawarkan pemandangan alam yang tak kalah indahnya. Salah satunya adalah kawasan Nusa Penida, yang secara administrasi masih dalam kawasan Kabupaten Klungkung. Tak heran, jika kemudian pulau-pulau kecil ini mulai ramai dikunjungi wisatawan. Selain karena pemandangan yang ditawarkan begitu indah, daerah di sekitar pulau tersebut masih tampak tenang dan alami. Salah satu destinasi yang wajib anda kunjungi kala ke Nusa Penida adalah Pantai Uug atau yang juga dikenal dengan nama Pantai Batu Bolong atau Karang Bolong.

pantai-indah-tersembunyi-pantai-pasih-uug-wuug-nusa-penida-bali-broken-beach-uug-wuug-nusa-penida-islandPantai yang jauh dari pemukiman penduduk ini semakin begitu memikat karena memiliki suasana yang tenang, selain alamnya yang masih perawan. Pantai yang dalam Bahasa Bali disebut dengan Pasih Uug ini memiliki pemandangan yang begitu unik. Layaknya sebagian besar kawasan Nusa Penida yang dihiasi dengan tebing-tebing tinggi, dengan ketinggian mencapai 50-200 meter, Pantai Uug juga dihiasi dengan tebing yang menjadi pembatas pantai. Namun anda akan menjumpai sebuah tebing yang berlubang pada bagian tengahnya sehingga nampak menyerupai sebuah terowongan laut. Keberadaan tebing inilah yang menjadi dasar penamaan pantai, Pasih Uug yang berarti pantai yang patah.

PASIH-UUG-NUSAPENIDA-6Pemandangan yang ditawarkan Pantai Uug tak kalah indah dengan daerah Uluwatu. Yang membedakan, anda tidak akan menjumpai sekelompok kera ataupun pura di sini. Dari atas tebing anda bisa melihat air lautnya yang berwarna biru jernih menjadi rumah yang nyaman bagi sejumlah ikan dan biota laut lainnya, terutama ikan pari. Beberapa penyu juga sesekali menampakkan diri di tengah kolam raksasa. Tangan-tangan jahil manusia yang serakah juga belum menjangkau kawasan ini sehingga keindahan daerah ini masih begitu alami. Segarnya angin yang berhembus menambah ketenangan dan kenyamanan siapa saja yang bersantai di sana.

pantai uugPantai yang bisa ditempuh dengan beberapa jalur ini juga menjadi spot yang menarik untuk anda para pecinta fotografi. Pemandangan matahari terbenam merupakan pemandangan menarik yang sayang untuk anda lewatkan. Dari Sanur, anda bisa menyewa speedboat selama 30-45 menit atau kapal ferry dari Padang Bai hingga tiba di pelabuhan Nusa Penida. Dari Nusa Penida anda tinggal menyewa mobil atau motor menuju Banjar Sumpang, Desa Bunga Mekar, tempat Pantai Uug berada. Kurang lebih anda membutuhkan waktu sekitar 1.5 jam untuk bisa sampai ke pantai ini. Meski akses jalannya masih kurang bagus, namun semua itu akan terbayar begitu melihat keindahan pantainya. Agar anak cucu anda tetap bisa menikmati keindahan Pantai Uug, jangan lupa untuk menjaga kebersihan dan kealamian pantai ya… 🙂

pasih uug cakepUntuk penginapan, beberapa hotel murah di Bali, telah dibuka dikawasan Nusa Lembongan ataupun Nusa Penida, yang bisa anda gunakan kala berkunjung, seperti:

Refrensi:

  • http://lifestyle.okezone.com/read/2012/11/30/408/725676/pasih-uug-keindahan-bali-yang-belum-tersohor
  • http://www.balimediainfo.com/2013/10/panorama-pantai-pasih-uug-broken-beach.html
  • http://www.klungkungtourism.com/detailwisata.
One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published.