Water Blow Nusa Dua, Menyaksikan Ombak yang Menjulang

water-blowwater blowKalau selama ini travelers ke Nusa Dua hanya berkunjun ke Pantai Nusa Dua, maka sempatkanlah dalam tour Bali travelers buat bertandang ke Water Blow Nusa Dua. Pantai ini begitu populer di kalangan wisatawan lantaran menawarkan sensasi yang berbeda dari pantai lain di Bali. Tidak semua memang pantai di Bali memiliki debur ombak yang tenang karena banyak juga yang memiliki ombak kencang sehingga cukup menantang untuk ditaklukan di atas papan seluncur. Dan meski keras, sekedar menikmati jilatan ombaknya dari bibir pantai juga masih bisa dilakukan oleh travelers. Namun hal ini tak bisa dilakukan di Pantai Water Blow Nusa Dua. Keindahan pantainya hanya bisa diamati dari atas tebing yang diberi pagar pembatas. Jadi travelers sama sekali tidak bisa menikmati air lautnya. Jadi apa dong yang bisa dilakuin di sana? Penasaran dong kenapa banyak banget wisatawan yang bertanya-tanya mengenai tempat yang satu ini. Makanya baca sampai habis kalau gitu.

Tanda-Peringatan-Di-Objek-Wisata-Water-BlowPantai Water Blow Nusa Dua berada di kawasan BTDC (Bali Tourism Development Corporation), Nusa Dua dan berada tak jauh dari hotel Grand Hyat Bali. Untuk sampai ke sana, dari lokasi hotel Grand Hyatt, travelers akan menemukan lapangan rumput yang luas. Travelers tinggal ikuti saja jalan setapak tersebut hingga menemukan sebuah gerbang dengan tulisan “Water Blow”. Meski cukup populer, beberapa dari warga sekitar maupun pegawai BTDC kerap kebingungan mengenai lokasi pantai ini. Bukan karena apa-apa, namun karena dahulunya tempat ini hanyalah kawasan tebing biasa dan cukup berbahaya. Sama sekali tidak ada pasir yang bisa dibuat bermain di sini, berenang maupun bermain ombak di sini karena keseluruhan area pantai dikelilingi dengan tebing-tebing karang yang licin dan juga curam. Ombaknya juga kuat dengan arus yang deras lantaran berhadapan langsung dengan Samudera Hindia sehingga cukup berbahaya jika bermain-main di sana. Kemudian tempat ini disulap oleh BTDC menjadi sebuah tempat yang menarik untuk dikunjungi, meski masih belum bisa beraktivitas di pantai.

Gerbang-Water-BlowSatu-satunya aktivitas yang bisa dilakukan oleh travelers di Pantai Water Blow Bali adalah menikmati debur ombak pantai. Namun justru itulah yang menjadi daya tarik dari Pantai Water Blow ini. Untuk memberikan keamanan kepada pengunjung, pihak BTDC membangun jalan setapak konblok dan pagar pemabatas setelah sebelumnya dibersihkan dan ditata terlebih dahulu. BTDC juga melengkapi kawasan ini dengan gazebo untuk bisa dipergunakan travelers menikmati suasana pantai. Travelers bisa menyaksikan beberapa menit sekali ombak datang bergulung menerjang karang. Dan diantara karang-karang tersebut terdapat celah sempit dimana kala ombak besar datang menerjang melewati celah tersebut maka ombak dengan buih putihnya akan melambung ke udara dan memuncrat kemana-mana. Momen inilah yang sengaja dinanti wisatawan dan menjadi daya tarik utama dari Pantai Water Blow Bali. Semakin besar ombak yang datang maka akan semakin tinggi pula ombak yang melewati celah tersebut menjulang. Karenanya baju ganti mutlak dibawa kala berkunjung ke sini.

water-blow2Meski terkadang ombak besar yang dinanti tidak kunjung datang, travelers gak perlu kecewa. Karena masih banyak pantai di Nusa Dua yang bisa travelers datangi. Boros? Gak kok, karena buat berkunjung ke Pantai Water Blow kan gratis, alias gak dipungut biaya sepeserpun. Kecuali kalau travelers mau prewed di sini. Yuk yang mau nguji kesetiaan dan kesabaran, tungguin aja tingginya ombak Pantai Water Blow. By the way, kalau travelers butuh akomodasi selama di Nusa Dua, bisa menggunakan hotel murah di Bali yang banyak ditemui di sana.

Refrensi:

http://travel.kompas.com/read/2012/01/02/15043749/Menanti.Ombak.Menjulang.di.Water.Blow

Add a Comment

Your email address will not be published.