7 Makanan Khas Bali yang Wajib kamu coba

Bali merupakan destinasi wisata yang sering dikunjungi banyak wisatawan baik domestik maupun turis asing. Selain memiliki kebudayaan atau kerifan lokal serta wisata alam yang luar biasa, Bali juga terkenal akan kenikmatan wisata kulinernya.

Beragam makanan khas Bali yang enak dan lezat bisa anda nikmati di pulau dewata ini. Makanan ini akan mengundang selera makan anda dan membuat anda ketagihan. Pada artikel ini akan dibahas terkait 7 makanan khas Bali.

Berbicara masakan Indonesia memang kaya akan rempah – rempah yang mampu memberikan citra masakan khas setiap daerah di Indonesia termasuk pulau dewata Bali.

Suatu pulau eksotis di Indonesia timur ini memang menyuguhkan aneka masakan yang lezat dan tidak menguras kantong anda. Rasa boleh nikmat namun harga tetap merakyat.Inilah masakan – masakan khas dari pulau Bali.

Berikut ini 7 makanan khas Bali yang patut anda coba ketika berkunjung ke pulau Bali, antara lain:

sate-lilit-bali

Sate Lilit

Sate khas Bali ini berbeda dengan sate pada umumnya. Sate yang biasa menggunakan tusukan bambu tipis namun sate lilit ini dililitkan pada batang daun serai.

Daging yang dililitkan di sate lilit ini berupa daging ayam, babi atau ikan tenggiri yang telah dihaluskan. Masakan khas bali ini memiliki citra rasa yang melezatkan karena anda dapat merasakan rasa manis, pedas dan gurih dalam satu masakan. Makanan ini telah terkenal hingga keluar dari pulau Bali.

Sate Plecing

Masih berbicara tentang masakan yang berupa sate. Kali ini akan membahas tentang sate plecing. Sate plecing ini memiliki citra rasa masakan yang pedas, gurih dan sedikit asin.

sate plecing bali

Hal ini dikarenakan adanya campuran bumbu – bumbu berupa cabai rawit, tomat, garam, terasi dan air jeruk limau. Seperti halnya sate lilit, daging pada sate plecing ini juga berisikan daging dari ayam, babi atau ikan.

Nasi Jinggo

Nasi jinggo ini serupa dengan nasi kucing atau kalau di Jawa Timur dikenal dengan nama sego banting. Nasi ini berukuran mini dengan lauk yang berupa mie goreng, tempe goreng dan suwiran ayam denga tambahan guyuran sambal pedas.

Karena ukurannya yang mini maka anda tidak akan kenyang kalau hanya membeli sebungkus nasi jinggo.

Nasi-Jinggo

Ayam Betutu

Makanan khas Bali ini sangat terkenal hingga ke mancanegara. Oleh sebab itu, makanan ini sudah menjadi menu wajib bagi sebagian besar para wisatawan di pulau Bali.

Masakan ini biasanya menyajikan satu ekor utuh ayam. Selain ayam  betutu juga anda menu lainnya yaitu bebek betutu. Untuk menu betutu ini, biasanya perut ayam atau bebek ditambahkan bumbu – bumbu khas Bali serta sambal yang pedas.

ayam betutu

Sate Kablet

Sate kablet ini serupa dengan sate lilit karena dagingnya dililtkan bukan ditusuk.

Namun pembeda sate kablet ini dengan sate lilit terletak pada alat tusuknya dan jenis dagingnya. Dimana sate kablet menggunakan tusuk dari bambu serta  dagingnya menggunakan daging ikan tuna.

Oleh sebab itu., sate kablet ini dijamin halal. Selain itu, daging ikan tuna di sate kablet ini dibakar sebelum disajikan.

sate kablet

Sate Kakul

Masih berbicara tentang sate. Sate kakul merupakan sate khas dari Bali dengan menggunakan daging siput yang telah dibakar dan disajikan pada sebilah bambu.

Sate kakul yang menggunakan daging siput yang masih berlendir namun kondisi tersebut menjadi magnet tersendiri untuk para wisatawan teruma turis asing. Anda bisa menikmati sate kakul ini di daerah ubud atau gianyar Bali.

Nasi Tepeng

Selain nasi jinggo, di pulau Bali juga terdapat jenis makanan nasi lainnya seperti nasi tepeng. Makanan ini bertektur lembek berbeda dengan nasi jinggo.

Nasi_Tepeng

Nasi tepeng ini berisikan kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, daun kelor, kelapa parut, telor, suwiran ayam serta siraman bumbu khas Bali yang mampu meningkatkan nafsu makan anda.

Demikanlah penjelasan terkait 7 makanan khas Bali yang dapat anda jadikan referensi wisata kuliner ketika anda berada di pulau dewata Bali. Kalau butuh penginapan di Bali yang murah dan nyaman, mungkin anda bisa cek dulu harga hotel terbaik untuk hotel di Bali agar bisa hemat biaya.

Makanan khas Bali diatas akan membuat hari – hari anda di Bali lebih menyenangkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *